Yummy Seaweed
Tuesday, 08 March 2016
TRENDS
YUMMY SEAWEED
0

Seafood bukan cuma ikan, udang, kepiting, dan cumi-cumi saja, lho! Satu hasil laut yang juga enak untuk dikonsumsi adalah rumput laut. Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, olahan rumput laut juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Di Indonesia dan negara-negara Asia lainnya, empat jenis rumput laut yang biasa dimakan adalah dari jenis ganggang hijau, ganggang biru, ganggang merah, dan ganggang cokelat. Keempatnya diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti:

•    Nori.
Yang doyan makan sushi atau Japanese food pasti sudah akrab sama jenis olahan dari rumput laut ini. Lembaran nori yang tipis dan kering seperti kertas terbuat dari rumput laut yang dipanggang dan diberi garam. Orang Jepang memakai nori untuk membungkus sushi atau sebagai topping ramen, sup miso, dan nasi (donburi).

Nori juga dijual dalam bentuk helaian yang bisa dimakan langsung sebagai camilan. Variasi baru nori juga ada yang diberi tambahan bumbu atau rasa lain supaya lebih gurih. Beberapa rasa yang populer diantaranya nori salmon, nori rasa kecap asin, dan nori wasabi (super pedas). 

•    Salad.
Rumput laut kering yang sudah dibersihkan dan direndam selama minimal dua jam, bisa dimakan begitu saja sebagai salad. Namun di Jepang dan Korea, rumput laut dicampur dengan cuka beras, kecap asin, minyak wijen, biji wijen, atau cabai, biar makin lezat.
    
Orang Jepang dan Korea biasa menyantap salad ini dengan menggunakan sumpit. Karena nggak melalui proses masak, tekstur salad masih renyah. Sedap bila disantap bersama sushi atau sepiring nasi yang masih hangat. Hmm… nyam-nyam!

•    Agar-agar. 
Di dalam rumput laut terkandung hidrokoloid, sejenis polimer yang larut di dalam air. Nah, hidrokoloid biasanya dipakai sebagai pengental, penstabil, dan pembentuk jel. Salah satunya, untuk membuat agar-agar dalam berbagai rasa yang yummy.

Girls, kalau sedang niat berdiet, agar-agar bisa kamu jadikan alternatif makanan atau camilan. Soalnya, kandungan serat dalam rumput laut sangat tinggi. Bisa membuat perut kenyang lebih lama, sekaligus membantu memperlancar proses metabolisme tubuh. 

•    Es rumput laut.
Saat cuaca panas, es rumput laut bisa jadi penyegar. Di Indonesia, rumput laut dicampur dengan es serut, buah-buahan seperti alpukat dan nanas, cincau, kolang-kaling. Es segar ini disirami sirup gula merah dan santan yang sudah dimasak bersama daun pandan. Tapi, ada juga variasi lain yang menambahkan nata de coco, susu manis, atau sirup coco pandan. 

Es rumput laut paling enak bila disantap saat cuaca panas, atau sebagai camilan saat lagi santai bareng teman atau keluarga. Tapi, batasi jumlah sirup gula dan susu kental manisnya, ya!

•    Kerupuk rumput laut
Di Indonesia, bahan makanan apapun bisa dibuat menjadi kerupuk, termasuk rumput laut. Pusat jajanan kerupuk rumput laut di Indonesia salah satunya ada di Bali. Para petani rumput laut di Desa Kutuh, Kuta Selatan, sejak tahun 2008 mulai membuatnya. 

Yang dipakai adalah rumput laut tawar yang basah yang dibalur tepung kanji dan terigu, dengan bumbu bawang putih dan garam. Setelah digoreng, rasanya gurih. Bisa untuk dimakan bersama nasi atau dicemil begitu saja. Kriuk!

Comment