Yuk, Jadi Relawan Bumi!
Friday, 22 April 2016
TRENDS
YUK, JADI RELAWAN BUMI!
2

Kamu pasti sudah sering mendengar kata relawan, sukarelawan, atau volunteer. Tapi kamu tahu nggak apa sebenarnya relawan itu. Nah, relawan artinya adalah individu atau orang yang dengan sukarela memberikan waktu dan tenaganya untuk mencapai tujuan organisasi atau yayasan yang dibantunya.

Karena judulnya sukarela, biasanya para relawan tidak mendapat bayaran atau gaji. Meski tidak dibayar, bukan berarti kerjanya para relawan asal-asalan, lho. Mereka akan bekerja secara profesional dan sudah mendapat pelatihan dalam bidang tertentu. Tertarik? Nih, ada beberapa organisasi pecinta lingkungan yang butuh relawan-relawan muda seperti kamu.

Teens Go Green Indonesia

Awalnya dibentuk pada 2007 atas kerjasama Yayasan Kehati, PT Pembangunan Jaya Ancol, dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Kini, TGG Indonesia sudah berjalan secara independen. Mereka mengajak anak-anak muda di Jabodetabek berusia 14-25 tahun untuk bergabung bersama mereka. Kamu bisa mengembangkan minat dan pengetahuan tentang lingkungan hidup, juga menjadi relawan untuk aksi-aksi cinta lingkungan.

Cari tau lebih lanjut di: tggactnow.org, facebook.com/teensgogreen.indonesia.

Clean Up Jakarta Day

Organisasi ini didirikan oleh ekspatriat asal Inggris, Angela Richardson, yang hobi menjelajahi Jakarta. Karena khawatir melihat kondisi Jakarta yang makin kotor dengan sampah, Angela kemudian membentuk kegiatan Clean Up Jakarta Day. Ternyata banyak warga Jakarta yang mendukung, termasuk para remaja dan anak mudanya. Kegiatan mereka seperti memunguti sampah saat car free day, lalu dikumpulkan dan diserahkan ke Dinas Kebersihan.

Cari tau lebih lanjut di: cleanupjakartaday.org, facebook.com/CleanUpJakartaDay.

Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI)

Organisasi ini khusus untuk anak muda usia 16-30 tahun yang peduli dengan isu-isu lingkungan. Kegiatan mereka mulai dari membersihkan sampah, mengajarkan anak-anak soal kepedulian kepada lingkungan, hingga event seminar dengan tokoh-tokoh yang peduli pada lingkungan hidup. KOPHI sudah tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia.

Cari tau lebih lanjut di: kophi.or.id.

Gerombolan Peduli Sampah (GROPESH)

Meski namanya gerombolan tapi gerombolan yang ini punya banyak kegiatan positif. Para relawan di GROPESH memiliki kepedulian terhadap permasalahan sampah dan lingkungan hidup. Kegiatan mereka berupa kampanye dan pelatihan mengenai kesadaran lingkungan hijau.

Cari tau lebih lanjut di: gropesh.com, twitter.co/gropesh.

Masih banyak organisasi atau komunitas peduli lingkungan yang bisa ikuti kalau ingin menjadi relawan. Bergabung menjadi relawan akan memberi kamu kesempatan untuk ikut menjaga alam dan lingkungan hidup, tapi kamu juga akan dapat berkenalan dengan teman-teman baru dan wawasan yang bertambah luas.

Comment