Serunya Augmented Reality Games
Thursday, 27 October 2016
TRENDS
SERUNYA AUGMENTED REALITY GAMES
1

Siapa sih yang nggak tahu game Pokémon GO? Game keluaran Niantic dan Nintendo ini lagi hits banget, lho. Lewat penggunaan teknologi augmented-reality (AR) atau realitas tertambah, bikin game berburu monster ini terlihat sangat unik dan seru.

Tapi tahukah kamu ada beberapa game atau aplikasi lain yang juga menggunakan teknologi serupa dengan Pokémon GO?

Ingress
Bisa dibilang ini adalah versi prototype dari game Pokémon GO. Meski game ini sama-sama dikembangkan dengan teknologi serupa oleh Niantic, Ingress memiliki konsep dan tema berbeda yang jauh lebih serius.

Untuk memainkan game ini, kita harus memilih jadi pengikut salah satu kubu antara Enlightened (hijau) dan Resistance (biru). Misinya cukup sederhana, yaitu menguasai portal-portal yang ada di sekeliling kita. Kita juga bisa menghancurkan portal yang dikuasai kubu lawan, dan selanjutnya diambil alih. Kubu yang lebih banyak memiliki portal di seluruh dunia, kubu itulah yang menang.

MSQRD
Aplikasi foto unik dan populer ini ternyata juga memakai teknologi AR, lho. Ada banyak filter yang bisa kita pilih sebagai atribut ‘wajah’ selfie kita. Mulai dari wajah hewan yang lucu hingga wajah zombie atau alien. Nggak hanya disimpan sebagai foto, beberapa filter juga bisa direkam sebagai video. Buat yang suka selfie dengan gaya yang nggak biasa, boleh banget unduh aplikasi ini. Lumayanlah bisa sering-sering update foto profil di media sosial.

Real Strike
Mungkin ini satu-satunya aplikasi game mobile bergenre FPS (first person shooter) yang paling mendekati nyata. Kalau game FPS lain, tampilan grafisnya sudah dibuat sesuai dengan desain game-nya. Nah, di game bertema militer atau perang ini justru menggabungkan tampilan visual lingkungan kehidupan nyata dengan animasi senjata 3D. Medan perang yang dihadapi adalah dunia nyata sedangkan ponsel kita sebagai senjata utamanya. Seru banget, kan?

Zombies, Run!
Sesuai dengan judul game-nya, aplikasi game ini menantang kita untuk lolos dari kejaran para zombie yang ada di sekeliling kita dengan cara berjalan, jogging, atau berlari. Boleh dibilang game ini mengadaptasi aplikasi kebugaran yang ada dan merangkap sebagai audio game. Untuk merasakan suasana dikejar-kejar zombie beneran, coba deh, mainkan game ini sambil pakai earphone untuk dengarkan efek suara para zombie yang coba menyusul kita dari belakang.

SpecTrek
Dalam game bertema horor ini, kita berperan sebagai pemburu hantu. Mirip dengan Pokémon GO, kita bisa menangkap dan mengoleksi hantu yang muncul di sekitar kita dengan mengandalkan teknologi GPS dan kamera ponsel. Semakin banyak hantu yang berhasil ditangkap, semakin hebat.

Comment