Ready For A Cashless Life?
Thursday, 21 December 2017
TRENDS
READY FOR A CASHLESS LIFE?
0

These past years, masyarakat Indonesia sedang beradaptasi sama e-money. Namun, masih banyak yang nggak tau apa itu e-money, apa kegunaannya, and is it safe? Let’s explore all about e-money!

What is e-Money?

e-Money merupakan alat pembayaran yang menggunakan media elektronik dan sudah memiliki izin resmi dari Bank Indonesia. Kartu ini termasuk kartu prabayar yang cara kerjanya dengan memasukan uang baik dari berupa cash ataupun dari nasabah tertentu yang bisa disimpan dalam chip/server berupa kartu. Kartu e-money tidak dilindungi dengan PIN, sehingga bisa dipindahtangankan. Nominal yang tersimpan juga memiliki limit sebesar 10 juta rupiah.

How does it work?

Nowadays we all are living in a cashless life, kartu e-money bisa digunakan hampir di semua tempat. Dari mulai pembayaran toll, tiket kereta Commuter Line, Bus TransJakarta, dan juga beberapa minimarket ataupun tempat makan tertentu. Hanya dengan satu tap dari kartu e-money kita, and it’s all paid. Saat ini pemerintah lagi gencar-gencarnya untuk menerapkan sistem cashless. Sistem ini dianggap mempermudah transaksi, apalagi dalam pembayaran toll. Pasalnya, Bank Indonesia juga sudah menyatakan, kalau mulai dari tanggal 31 Oktober 2017, seluruh pembayaran toll di seluruh Indonesia harus menggunakan kartu e-money. Well, gotta prepare our e-money from now on!

Is it safe?

The most frequently asked question, is it safe? Well, we all can’t really guarantee about that. Karena e-money nggak pakai PIN sehingga nggak akan terjadi hacking, unless terjadinya hacking besar di suatu Bank e-money tersebut. Selain itu, karena berbentuk kartu, masih bisa terjadi kasus kehilangan. But as long as we keep it safe, we surely hope there won’t be any problems!

Pro & Cons

Pada segala hal, pasti ada saja pro dan kontra tentang hal tersebut, here’s some pro and cons about e-money!

Pro:

  • Proses transaksi jadi cepat
    Karena sifatnya yang cuma tinggal tap aja, proses transaksi juga jadi lebih cepat dan nggak perlu ngantri, terutama dalam pembayaran toll. Adanya e-money ini diharapkan bisa mencegah kemacetan karena sekarang  bayar toll, tinggal tap and drive! Also, kita nggak perlu lagi nunggu kembalian ataupun dapet kembalian berupa permen lagi karena e-money bisa digunakan juga untuk transaksi yang bernilai kecil.
  • Nggak perlu bawa cash lebih
    Since everything is cashless now, dari bayar transportasi (toll, bus, commuter line), parkir, sampai jajan di café sebelah juga bisa, kita jadi nggak perlu bawa cash berlebihan. It’s a good thing, karena dompet kita jadi lebih enteng dan gampang dibawa ke mana-mana.

Cons:

  • Less interaction
    Dengan aktivitas yang serba cashless, bisa bikin kurangnya interaksi antar manusia. Misalnya, dulu saat bayar toll at least kita bisa saling menyapa dengan petugas di toll. Tapi jika semuanya mesin, nggak ada lagi interaksi yang dilakukan.
  • Not for everyone
    Indonesia masih terbilang negara yang berkembang, hal ini bisa kita rasakan karena nggak semua orang bisa menggunakan e-money. Nggak cuma cara menggunakannya, masih banyak pula sebagian masyarakat yang nggak mengetahui keberadaan e-money.
  • Bisa hilang tidak terdeteksi
    Keberadaan e-money memang mempermudah segalanya, tetapi akan merepotkan segalanya kalau kita kehilangan kartu kita! So, save it well girls!

Comment