Populernya Kuliner Indonesia
Monday, 21 December 2015
TRENDS
POPULERNYA KULINER INDONESIA
0

Pecinta kuliner Indonesia pasti nggak asing dengan makanan dan minuman di bawah ini. Berikut beberapa makanan dan minuman khas Indonesia yang merambah hingga ke dapur internasional di berbagai penjuru dunia.

•    Rendang
Di balik penampilannya yang kurang menarik, makanan khas Padang ini menjadi makanan terlezat dan terfavorit dunia nomor 1 versi survei World’s 50 Best Foods yang diadakan CNN. Rahasianya terletak pada cara pembuatannya cukup rumit karena dimasak berjam-jam dengan santan dan rempah-rempah yang meresap hingga ke dalam daging sapi hingga empuk.

•    Nasi goreng
Mau buatan rumah, kaki lima atau resto bintang lima, nasi goreng Indonesia menjadi menu yang paling banyak dipesan orang karena penyajiannya yang cepat, mudah, dan lezat, serta bergizi lengkap. Nggak heran jika nasi goreng Indonesia duduk di nomor 2 survei World’s 50 Best Foods oleh CNN.

•    Sate ayam
Di Indonesia sendiri, hidangan sate menjadi makanan khas di beberapa daerah seperti Betawi, Tegal, dan Madura. Namun hanya sate ayam khas Madura dengan bumbu saus kacang yang menjadi menu yang sering diincar para wisatawan asing saat berkunjung ke Indonesia. Nah, kalau menu ini ada di nomor 14 survei World’s 50 Best Foods.

•    Gudeg
Makanan khas Jogjakarta ini merupakan salah satu makanan Indonesia yang mendunia. Rasanya yang cenderung manis namun gurih ini membuat banyak negara ingin mengimpor makanan ini dalam bentuk kalengan.

•    Bakso
Makanan ini juga banyak digemari wisatawan asing sebagai menu jajanan khas Indonesia, bahkan pamor bakso semakin naik ketika banyak berita yang mengulas tentang makanan favorit Barack Obama saat masa kecil ini.

•    Gado-gado
Makanan ini disajikan dengan mencampur sayur-sayuran, tahu, tempe, telur rebus, lontong, emping, dan kerupuk, lalu disiram dengan bumbu kacang yang dihaluskan. Mirip salad, tapi lebih sarat dan lengkap gizinya. Di rumah makan Indonesia di luar negeri, sajian ini menjadi hidangan favorit.

•    Soto
Hampir setiap daerah di indonesia memiliki hidangan berkuah yang disebut soto dengan cita rasa yang khas sesuai daerah masing-masing. Banyaknya variasi pilihan soto yang ada di Indonesia, membuat para penikmat kuliner Indonesia nggak bakalan merasa bosan.

•    Es dawet
Jika Taiwan punya bubble tea, Indonesia punya es dawet, minuman khas Banjarnegara. Minuman ini berbahan utama cendol atau dawet yang diberi santan dan gula merah cair.

•    Es teler
Sekilas penampilannya mirip dengan es campur atau Halo-halo ala Filipina atau Ais Kacang asal Malaysia, namun yang membedakan adalah isinya yang lebih sederhana terdiri dari alpukat, serutan kelapa muda, potongan nangka, serta cincau.

•    Es doger
Rasa minuman khas Bandung yang berbahan dasar es serut dan santan ini terlihat unik karena dilengkapi dengan serutan kelapa muda, tape, ketan hitam, pacar cina, susu kental manis, serta sirup warna merah sebagai ciri khasnya.

Apakah menu favorit kamu ada di sini? Kalau belum, saatnya kamu ikut melestarikan dengan mempromosikan kuliner lokal agar semakin dikenal oleh dunia internasional.

Comment