Perayaan Hari Ayah di Seluruh Dunia
Wednesday, 22 June 2016
TRENDS
PERAYAAN HARI AYAH DI SELURUH DUNIA
4

Di Indonesia, Hari Ayah memang belum terkenal meski sudah diperingati setiap 12 November sejak 2006 lalu. Tapi di berbagai belahan dunia, Hari Ayah sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat. Di Amerika Serikat (AS) misalnya, Hari Ayah dirayakan setiap hari Minggu ketiga di bulan Juni, dan ini diikuti oleh negara-negara lainnya di dunia.

Seperti ini nih, perayaan Hari Ayah yang unik di berbagai belahan dunia! 

Amerika Serikat (Hari Minggu ketiga bulan Juni)
Karena rasa sayangnya kepada sang ayah, Sonora Smart Dodd, putri dari seorang veteran perang, berinisiatif untuk memulai perayaan Hari Ayah pada awal abad ke-20. Cita-citanya menjadi kenyataan saat Hari Ayah diakui di Kongres pada tahun 1956 dan dijadikan perayaan nasional pada tahun 1972. Setiap hari Minggu ketiga di bulan Juni, para ayah dan kakek di AS dimanjakan oleh anak dan cucu mereka.

Meksiko (Hari Minggu Ketiga di bulan Juni)
Warga Meksiko merayakan Hari Ayah dengan mengadakan pesta dan memberikan kado untuk ayah mereka. Serunya, meskipun bukan perayaan nasional, ada lomba lari half marathon khusus Hari Ayah di Mexico City yang bernama Carrera del Día del Padre, yang pertama kali diadakan pada tahun 1981.

Jerman (Hari Kenaikan Isa Almasih)
Tidak seperti kebanyakan negara Barat, tradisi Vatertag di Jerman berakar dari ritual Hari Kenaikan Isa Almasih (Hari ke-40 Paskah) yang dimulai sejak abad 18. Para laki-laki merayakannya dengan tur hiking memakai gerobak dorong dan berkumpul sambil makan makanan tradisional bernama Hausmannskost dan minum-minum.

Nepal (Akhir Agustus/Awal November)
Hari Ayah di Nepal sangat istimewa dan dirayakan dengan memberikan benda-benda favorit para ayah, seperti pakaian, makanan, atau lainnya. Ada juga beberapa tradisi yang dijalankan.  Salah satunya adalah Babu ko mukh herne din, yang berarti: menatap wajah ayah. Anak laki-laki menyentuhkan keningnya ke kaki ayah lalu menatap wajahnya, sementara anak perempuan menyentuhkan keningnya ke tangan ayah sebelum menatapnya. Jika ayahnya sudah tiada, anak-anak datang ke kuil untuk memberi persembahan bagi almarhum ayah.

Thailand (5 Desember)
Jika Hari Ibu diperingati setiap hari ulang tahun Ratu Sirikit pada 12 Agustus, maka Hari Ayah diperingati setiap hari ulang tahun Raja Bhumibol Adulyadej pada 5 Desember. Pada hari istimewa ini, sang Raja memberikan pidato tahunan dan rakyat Thailand memakai baju pink untuk menghormati beliau. Selain itu, setiap ayah dan kakek mendapatkan bunga tasbih (canna lily) yang melambangkan kemaskulinan.

Comment