Menyalurkan Kreasi dan Ekspresi Lewat Blog
Thursday, 13 August 2015
TRENDS
MENYALURKAN KREASI DAN EKSPRESI LEWAT BLOG
4

Salah satu bagian menulis jurnal adalah menulis di blog. Bedanya dari jurnal biasa, blog itu seperti jurnal online sehingga tulisan kamu bisa dibaca oleh masyarakat umum, kecuali kamu ubah setting-nya menjadi private atau hanya orang-orang terpilih yang bisa membacanya. Namun sama seperti jurnal, kamu bisa mengisi blog-mu dengan apapun, mulai dari tulisan, foto, gambar, sampai ke video dan musik.   

Jika kamu membiarkan blog-mu bisa diakses oleh orang banyak, kamu bisa mendapat manfaat lain selain mendokumentasikan isi pikiranmu. Tulisanmu bisa dibaca oleh orang di seluruh dunia dan kamu bisa follow blog orang lain, sehingga memperluas pergaulan di dunia maya. Bahkan sekarang, banyak perusahaan yang memberi nilai lebih kalau calon karyawan punya blog dan isinya menarik. Yuk, temukan petualangan seru dan sarat manfaat menjadi blogger

Sebelum Memulai
Untuk memulai nge-blog, kamu harus memilih layanan blog apa yang kamu inginkan. Banyak layanan gratis yang dapat kamu pilih, yang populer di antaranya adalah Blogger.com, Blogspot.com, WordPress.com, dan Tumblr.com. Selain gratis, penyedia layanan blog tersebut punya template dan langkah-langkah customize yang sangat mudah digunakan oleh pemula.

Hal lain yang harus kamu perhatikan juga adalah:

  • Tema blog-mu. Serunya nge-blog, kamu tak hanya bisa mengisinya dengan jurnal harianmu. Kamu juga bisa  membuat tema khusus yang menjadi minatmu, misalnya blog tentang travel, kuliner, fashion, beauty, handcraft, sampai ke soal budaya, seni, dan teknologi. Nah, biar nggak campur aduk, sebaiknya kamu buat jurnal harianmu di kanal berbeda, atau malah di blog yang berbeda. 
  • Pilih nama blog yang simpel, mudah disebut, mudah diingat, dan sesuai dengan kepribadianmu. 
  • Theme dan plug in. Jangan biarkan blog-mu terlihat standar. Kamu bisa mengganti wallpaper, jenis huruf, dan lay out dari blog-mu dengan memilih theme yang kamu suka. Begitu juga plug in, yaitu sejenis program yang dapat membuat blog-mu lebih oke lagi, misalnya visitor counter, kalender, dan social media bar.  Asyiknya, banyak theme dan plug in ini yang gratisan!
  • Tulis dengan bahasa yang santun, mudah dimengerti orang lain, dan tidak bersifat SARA. Mulai saja dengan menulis apapun yang kamu pikirkan, seolah sedang bercerita ke teman-temanmu, namun tetap fokus dengan tema blogmu. 
  • Pastikan tetap aman. Saat memutuskan untuk nge-blog, artinya kamu tidak berkeberatan orang lain tahu sedikit tentang kehidupan dan pola pikirmu. Tapi, tetap hati-hati, jangan menulis sesuatu yang terlalu personal, misalnya data diri lengkap, alamat rumah, nomor telepon, dan nama-nama (keluarga dan teman) dengan detil. Info yang terlalu detil bisa disalahgunakan oleh orang yang iseng atau jahat. 
     

Agar Blog Bisa Populer
Tentunya, setelah blog-mu sudah banyak terisi tulisan, kamu ingin lebih banyak orang yang membaca tulisan-tulisanmu. Nah, ikuti rumus ini agar blog kamu berpotensi cepat populer:

  • Pastinya blog yang bermanfaat dan informatif adalah yang peluang populernya tinggi. Jadi penting juga untuk kamu pikirkan, apapun yang kamu tulis bisa dimanfaatkan infonya oleh orang banyak. Menulis dalam bahasa internasional (Inggris) akan lebih membuka peluang blog-mu dibaca oleh lebih banyak orang dari berbagai negara. 
  • Buat agar blog-mu unik, berbeda, dan original. Sah saja untuk melakukan riset sebelum kamu menulis tentang sesuatu, kemudian usahakan tulisan yang kamu buat adalah paduan dari hasil pemikiran dan pengalamanmu sendiri. Bila harus menyebut atau menampilkan data atau gambar dari orang lain, jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya.
  • Gunakan taglines. Saat berinternet, orang akan menggunakan search engine untuk mencari info yang mereka butuhkan. Nah, dengan membuat taglines yang menjelaskan isi blog, search engine akan semakin mudah mengerti apa yang dibahas di blog-mu. Contoh tagline:  "Traveling across Indonesia" atau "Cooking with Lan".
     

Beberapa blog seru dari dalam negeri dan luar negeri yang bisa jadi contoh nge-blog yang oke di antaranya adalah:

  • Radityadika.com oleh Raditya Dika.
  • Benablog.com oleh Benazio Rizki Putra.
  • Jellyjellybeans.blogspot.com oleh Evita Nuh.
  • Calliesstreetchic.com oleh Callie Reiff.
  • Youngadventuress.com oleh Liz Carlson.
  • Localmilkblog.com oleh Beth Kirby.

Selamat nge-blog

Comment