Manisnya Buka Puasa dengan Martabak Manis
Wednesday, 22 June 2016
TRENDS
MANISNYA BUKA PUASA DENGAN MARTABAK MANIS
1

Memasuki bulan Ramadan, penjual makanan ringan untuk berbuka puasa hadir di setiap sudut jalan. Kebanyakan makanan yang dijual punya rasa manis karena memang untuk membatalkan puasa dianjurkan dengan makanan yang manis-manis. Salah satunya yang bisa menjadi pilihan adalah martabak manis.

Pasti semua pernah mencicipi martabak manis. Kuliner berbahan dasar tepung terigu ini sekarang sudah punya banyak variasi yang seru, lho. Kalau dulu hanya ada beberapa topping andalan: meses, keju, kacang, dan wijen, sekarang ada banyak banget topping baru yang bisa dipilih, mulai dari selai kacang, cokelat batangan, wafer, sampai irisan buah. Adonan martabaknya juga punya beragam rasa, ada pandan, cokelat, sampai red velvet.

Martabak Boss di Jakarta misalnya, menyediakan martabak dengan topping Ovomaltine, duren, Nutella, Toblerone, pandan, Skippy, nastar, dan original. Sementara adonannya tersedia 3 pilihan, yaitu original, cokelat dan pandan. Di sini kita bisa membeli martabak mulai dari harga Rp 15 ribu sampai Rp 150 ribu.

Lain lagi dengan Markobar, bisnis martabak yang dimiliki Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo. Menu martabak yang dijual disini tidak hanya memiliki variasi rasa yang berbeda, tapi juga memiliki tampilan yang unik. Di sini kita bisa akan mendapatkan martabak yang nggak dilipat, dibiarkan terbuka bulat seperti pizza. Jadi kita bisa melihat deretan topping yang dipilih.

Di Markobar, martabaknya punya pilihan topping 4, 8, dan 16 rasa. Varian rasa yang tersedia yaitu Toblerone, Cadburry, Kitkat Green Tea, Timtam, Red Velvet, sampai Oreo. Harganya bervariasi tergantung jumlah topping yang kita pilih. Gerai Markobar bisa ditemui di kota Solo, Jogjakarta, Semarang, Jakarta, Surabaya, dan Manado.

Variasi rasa yang menggiurkan juga ditawarkan oleh Martabak San Fransisco (Bandung, Jakarta, Semarang, Solo, Jogjakarta). Selain pilihan rasa klasik seperti cokelat dan keju, ada juga varian rasa blueberry, red velvet, tiramisu, green tea, black forest, dan creamy oreo cheese. Satu lagi jenis yang ditawarkan Martabak San Francisco adalah martabak tipis kering dengan kulit martabak yang gurih dan tipis.

Martabak-martabak ini berukuran lumayan besar, jadi pas banget untuk disantap bersama keluarga atau teman saat berbuka puasa. Walau rasanya enak banget, tapi jangan kalap saat makan, ya. Soalnya, kandungan gula dan lemak di martabak manis cukup tinggi, nggak baik untuk kesehatan kalau dimakan berlebihan.

Comment