Main ke Ruang Seni
Monday, 25 September 2017
TRENDS
MAIN KE RUANG SENI
0

Bosan hangout ke mall? Art space bisa jadi pilihan tempat nongkrong yang kekinian. Di sini kita bisa sekedar rekreasi mata dan menikmati suasana, sekaligus mendapatkan inspirasi. Berikut 5 ruang seni keren yang recommended di Jakarta dan Bandung.

Ruci Art Space

Ruci, yang dalam bahasa Sansekerta berarti ‘sumber cahaya’ ini, sering menggelar pameran karya seni kontemporer dari berbagai media rupa, seperti lukisan, fotografi, sculpture, video, dan sebagainya. Selain menikmati karya seni modern, kamu juga bisa nongkrong di kafenya (Ruci’s Joint) yang berada di lantai dasar, ikutan art workshop, atau stalking para seniman milenial yang suka hangout di sini.

Lokasi: Jl. Suryo 49, Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dia.Lo.Gue

Art space, kafe, dan store yang jadi satu. Selain lukisan, sering juga dipamerkan koleksi seni dalam bentuk video, patung, maupun mixed media dari para seniman dan komunitas lokal. Yang hobi shopping, bisa cek store untuk membeli produk-produk lokal yang diproduksi secara terbatas. Sst… tempat ini juga ‘sarang’ para seniman atau desainer lokal untuk ngumpul dan melakukan creative brainstorming, lho!

Lokasi: Jl. Kemang Selatan 99A, Jakarta Selatan.

Art:1

Gedung 3 lantai ini punya sensasi yang beda dari art space biasa. Desain eksteriornya yang unik menjadikan tempat ini sebagai melting pot antara penikmat dan para kreator seni dari segala kalangan. Di Art Space:1, kita bisa menikmati berbagai karya seni, termasuk video art dan instalasi. Sedangkan di Art:1 New Museum, kita bisa menikmati mahakarya para seniman senior Indonesia hingga Eropa.

Lokasi : Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Selasar Sunaryo Art Space

Awalnya Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) cuma berisi koleksi pribadi Sunaryo, pendiri yang merupakan seniman kontemporer. Tapi kini SSAS juga membuka peluang bagi seniman lainnya untuk berpameran. Selain galeri, ada juga kafe, perpustakaan, toko suvenir, serta ruang terbuka. Buat yang berjiwa seni dan lagi ‘mentok’, tempat ini akan memberikan inspirasi baru.

Lokasi: Jl. Bukit Pakar Timur No. 100, Bandung.

Gudang Sarinah Ekosistem

Bekas gudang barang dagangan yang menjelma menjadi ruang seni dan kreatif paling happening saat ini di Jakarta. Area Hall A dan Hall B yang dikelola oleh RURU Corps yaitu organisasi kesenian yang terdiri dari Ruangrupa, Forum Lenteng, dan SERRUM, sering dijadikan tempat bazaar, expo, konser musik, hingga pameran dan acara-acara seni.

Lokasi: Jl. Pancoran Timur II No. 4, Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan.

Tips Penting!

  • Cek dulu jadwal serta jam operasional venue di website atau akun media sosial sebelum berangkat. Rugi, kan, kalau kita datang pas hari mereka tutup atau libur.
  • Jaga kebersihan dan ketenangan, terutama kalau kita berkunjung bersama rombongan. Patuhi rules, terutama soal larangan berfoto atau menyentuh karya seni.

Untuk mengabadikan berbagai momen di sana, kita harus tampil optimal maksimal, dong. So, sebelum datang, pastikan kamu dandan dulu dengan Marina Two Way Cake Smooth & Glow UV. Lalu setelah pulang, jangan lupa cuci muka dengan Marina Facial Foam UV White Bright & Fresh dan melembabkannya dengan Marina UV White Face Moisturizer Bright & Fresh

Comment