Lebih Mahir Jadi Instagram Photographer
Monday, 21 December 2015
TRENDS
LEBIH MAHIR JADI INSTAGRAM PHOTOGRAPHER
1

Sejak dibeli oleh Facebook, aplikasi fotografi yang didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger ini makin populer di kalangan pengguna smartphone. Dengan total user aktif lebih dari 300 juta, banyak orang meramaikan timeline dengan foto dan video pribadi mereka termasuk juga, seleb dan fotografer profesional. Bahkan nggak sedikit foto yang tampil di Instagram bikin orang terkagum-kagum akan tampilannya yang artistik.

Mau posting selfie, atau pamer foto sebagai portfolio, sah-sah saja kok. Yang penting, selain eksis, perhatikan beberapa tips berikut biar akun Instagram kamu jadi ramai followers dan menjadi fotografer handal di Instagram:

•    Belajar fotografi dasar.
Jangan main asal jepret saja, girls. Pastikan kamu belajar dulu sedikit tentang teknik fotografi. Aturlah kamera ponsel untuk mendapatkan hasil terbaik. Pantau akun-akun fotografer profesional juga bisa sebagai sarana belajar sekaligus mendapat inspirasi.

•    Tangkap momen unik.
Usahakan obyek yang kamu ambil memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri, bukan sekadar snapshot yang nggak ada nilai ‘jual’. Hindari over posting dengan gaya dan pose sama berulang-ulang. Perhatikan pula komposisi dan lighting pada obyek foto yang ingin kamu ambil.

•    Tambah lensa.
Jika lensa kamera ponselmu masih standar, kamu bisa menambah lensa makro portable untuk memberi kesan obyek foto yang kecil jadi lebih fokus, detil, dan mendalam ketimbang memakai fitur zoom kamera yang akhirnya bikin foto terlihat ‘pecah’ atau blur.

•    Variasi pose dan angle.
Biar nggak terlihat boring, variasikan dengan pose gaya dan angle yang berbeda di setiap foto. Buat kolase kalau foto yang di-posting cukup banyak. Coba letakkan obyek secara kreatif di posisi kanan atau kiri frame, agar background tampil optimal dan lebih memiliki unsur fotografi yang berkelas.

•    Caption dan tagar yang catchy
Selain caption, jangan lupa beri tagar yang sesuai dengan tema atau momen foto yang kamu posting, misal #ootd #tbt atau #nofilter. Tapi jangan kebanyakan tagar ya, nanti disangka spam atau promo jualan.

•    Less is more.
Instagram identik dengan kesederhanaannya. Oleh karena itu, minimalkan penggunaan fitur editing foto secara berlebihan. Hindari penggunaan flash di ruang yang cukup cahaya atau outdoor. Meski di aplikasi ini disediakan fitur yang cukup beragam, hasil foto jepretan asli dan minimalis kamu justru lebih terlihat indah apa adanya.

Quote dari Irving Penn ini bisa jadi masukan buat kamu, Girls. "A good photograph is one that communicates a fact, touches the heart, and leaves the viewer a changed person for having seen it. It is, in a word, effective."

Comment