Kuliner Unik untuk Penggemar Keju
Friday, 26 May 2017
TRENDS
KULINER UNIK UNTUK PENGGEMAR KEJU
0

Girls, tahukah kamu, bahwa dalam Kamus Bahasa Inggris Merriam-Webster, turophile adalah sebutan untuk para cheese lovers atau penikmat keju. Jenis makanan ini memang memiliki banyak penggemar karena rasanya yang gurih dan enak, terutama kalau dikombinasikan dengan makanan lain seperti roti, pasta, nasi, cokelat, bakso, sampai singkong.

Ditambah lagi, di dalam keju terbuat dari fermentasi susu ini terdapat protein penting bernama kasein. Setiap kali kamu makan keju, protein kasein mengaktifkan bagian pusat rasa penghargaan (reward center) di dalam otak kamu yang akan menimbulkan rasa senang. Hm… kenyang dan senang; kombinasi yang klop, kan?

Tren Kuliner Kekinian
Para turophile di Indonesia boleh bersorak, karena sekarang ini kuliner berkeju –terutama mozzarella- lagi nge-tren. Selain Jakarta, beberapa kota yang juga punya banyak tempat makan dengan beragam menu keju mozzarella yang kreatif adalah Bogor, Bandung, Solo, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Bali, dan Pekanbaru.

Penasaran? Berikut beberapa tempat yang recommended:

  1. Martabak Mertua, Bandung
    Dari dulu, martabak memang ‘berjodoh’ sama keju. Tapi, menu martabak berkeju di Martabak Mertua spesial karena memakai keju mozzarella. Dua menu yang wajib segera kamu coba adalah Martabak Double Beef & Melted Cheese (kombinasi mozzarella, telur, sosis bratwurst, dan daging asap) serta Martabak Tuna Spicy Mayo & Mozzarella Cheese (mozzarella, tuna, cabai, mayones, dan bubuk nori).
     
  2. Pempek Belida Mas Internasional (BMI), Jakarta
    Ini dia menu yang sempat jadi tren di media sosial! Di tempat makan yang berlokasi di Kemayoran, Jakarta Utara, ini, pempek lenjer diisi keju mozzarella sehingga kalau kamu belah atau tarik dengan tangan akan terlihat lelehan keju yang lengket. Rasanya gurih, apalagi bila di-hap bersama sesendok kuah cuko yang pedas nikmat. So yummy!
     
  3. Kedai Gemes, Semarang
    Menu must try adalah Ayam Geprek Mozzarella, dimana ayam goreng yang pedas digeprek lalu diberi topping lelehan keju mozzarella di atasnya. Menu ini disantap bersama nasi dan level pedas ayamnya bisa kamu pesan sesuai selera (sst, level 10 paling pedas!). Menu lain yang rugi kalau nggak kamu coba adalah Ayam Geprek Keju (memakai keju cheddar parut) dan Ayam Geprek Saus Keju.
     
  4. Šeimos Cafe, Bandung
    Para turophile yang mampir ke sini, cus segera pesan menu andalan Tenderloin Mozzarella Balloon Steak. Yang bikin unik adalah balon mozzarella di atas steak yang berisi saus. Begitu balon kamu pecahkan, saus akan langsung lumer di atas daging. Balon bisa mengembang karena setelah dipanaskan, keju langsung dipompa dengan gas.
     

Sumber foto : www.123rf.com

Comment