TRENDS

Kreatif dengan Kertas

Kamis, 25 Juni 2015
Kreatif dengan Kertas

Buat kamu yang suka kerajinan tangan (hand craft) tapi belum berani bermain dengan bahan-bahan rumit, mungkin bisa coba kerajinan tangan berbahan kertas (paper craft). Jangan salah, dengan sedikit kreativitas, kertas bisa disulap jadi sesuatu yang unik dan menarik, lho.  Yuk, asah ketrampilan tanganmu lewat seni kerajinan kertas.

Origami (Paper folding)
Salah satu seni kerajinan tangan yang berasal dari Jepang ini memang terkesan sederhana. Walau tekniknya cuma melipat, tapi kamu bisa bikin apa saja mulai dari bunga, hewan, karakter, atau bentuk kreatif lainnya. Hasilnya bisa kamu pajang di depan pintu kamar atau di atas meja belajar.
Belajar online di: en.origami-club.com, Learn Origami di YouTube.
Coba yuk! Bikin paper bracelet. Lihat tutorialnya di https://youtu.be/Yv5I4RxBwt8.

Kirigami (Paper cutting)
Seni memotong kertas ini juga berasal dari Jepang, biasanya dikombinasikan dengan origami. Lipat kertasmu menjadi beberapa bagian, lalu gunting sesuai pola yang sudah dibuat. Hasil guntinganmu bisa jadi tatakan gelas kreatif atau hiasan dinding dalam pigura.
Belajar online di: papercutting.blogspot.com, KirigamiArt di YouTube.
Coba yuk! Bikin pop up card. Lihat tutorialnya di https://youtu.be/vMsWbZoqGdc.

Paper quilling
Jangan salah, seni menggulung pita kertas ini bisa tampak cantik dan unik sebagai kartu ucapan, bingkai foto, pajangan atau hiasan lainnya. Yang kamu butuhkan cuma kertas yang telah dipotong kecil memanjang, alat penggulung, dan lem.
Belajar online di: littlecircles.net, Quilling Made Easy di YouTube.
Coba yuk! Bikin penjepit kertas kupu-kupu. Lihat tutorialnya https://youtu.be/zxhWET5hUM0.

Scrapbooking
Tentukan tema dan warna untuk dikombinasikan dengan foto atau memento item lainnya biar jadi kreasi kolase yang unik. Oke banget buat dipajang di kamar sendiri atau sebagai kado. Yang kamu butuhkan pastinya foto, karton, kertas, pita, gunting, lem, serta ornamen lainnya.
Belajar online di: scrapbook.com, scrapbooking.com, Shimelle Laine di YouTube.
Coba yuk! Scrapbook bertema hot pink. Lihat tutorialnya di https://youtu.be/_IqAc6ONgj0.

Pepakura (Paper model)
Seni ini menggabungkan origami dan kirigami untuk membuat miniatur dari apapun, bisa sosok orang, bangunan, kendaraan, dan lainnya. Kamu hanya perlu men-download polanya, dicetak di kertas tebal/karton, lalu dikerjakan sesuai panduan untuk  membuatnya.
Belajar online di: pepakurapros.com, paper-replika.com, papercraftsquare.com, tektonten.blogspot.com.
Coba yuk! Bikin karakter dari Minecraft. Lihat tutorialnya di https://youtu.be/Yv5I4RxBwt8.