Kreasi Seru dari Benang
Monday, 19 October 2015
TRENDS
KREASI SERU DARI BENANG
0

Lagi punya banyak waktu luang dan mau bikin sesuatu yang baru? Coba bermain-main dengan benang, yuk! Berbagai kerajinan tangan bisa dihasilkan dari bahan baku yang sederhana: benang dan jarum khusus.

Serunya Bermain Benang
Berkreasi dengan benang-benang bisa jadi hobi baru yang super seru, apalagi kalau bisa hunting bahan dan belajar membuatnya bareng keluarga atau sahabat. Biasanya toko alat jahit atau bahan kerajinan tangan menyediakan paket-paket bahan baku sesuai dengan apa yang ingin kamu buat. Misalnya untuk weaving, macramé, crochet, cross stitch, dan lain-lain.

Kamu akan menemukan keasikan sendiri pada setiap jenis kerajinan yang kamu buat. Apalagi ilmunya juga bisa kamu dapat dengan mudah dari berbagai media, seperti buku, video di youtube, blog, dan marketplace website. Semua media itu menyediakan tutorial step-by-step dari awal hingga finishing, bahkan ada juga menyediakan ruang untuk kamu upload foto-foto dan menjual barang-barang hasil kerajinan tangan buatanmu.

Di beberapa link berikut bisa kamu temukan tutorial membuat kerajinan tangan berbahan dasar benang. Banyak contoh barang hasil crafting yang keren-keren dan bisa jadi inspirasi kamu lho, di sana.

Jenis-Jenis Kreasi Benang
•    Weaving (Menenun).
Menenun merupakan proses persilangan dua set benang dengan cara memasuk-masukkan benang secara melintang pada benang lain yang sudah disusun vertikal pada alat khusus tenun. Buat tenunan sederhana dari benang-benang berbagai warna dan ukuran untuk menghias dinding kamarmu, seperti yang dicontohkan di:
•    http://playfullearning.net/2014/02/weaving-101/
•    https://blog.etsy.com/en/2015/learn-how-to-weave/
•    http://theinteriorsaddict.com/weaving-tutorial-create-your-own-wall-hanging

•    Macramé.
Mungkin istilah ini masih belum terlalu dikenal, tapi hasil dari kerajinan macramé nggak kalah cantiknya dengan weaving. Proses macramé lebih mengasah kesabaranmu dengan membuat simpul-simpul dari beberapa benang, hingga berbentuk seperti pola yang diinginkan. Contohnya bisa kamu lihat di :
•    http://www.macrameschool.com/resources/patterns
•    https://www.pinterest.com/explore/macrame-tutorial/
•    http://stonebrashcreative.com/MacrameTutorial.html/

Crochet (Merenda/Merajut)
Mirip dengan macramé, crochet adalah proses mengaitkan benang dengan jarum kait hingga berbentuk jalinan rantai. Dengan teknik ini kamu bisa membuat benda-benda berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari dompet, sarung bantai, boneka, hingga tas. Intip cara membuatnya di sini, ya!
•    http://fantaisiesdeflo.canalblog.com/archives/2011/10/13/22328113.html
•    http://carinascraftblog.wardi.dk/2009/06/granny-square-joining-tutorial.html
•    http://www.purlbee.com/2012/03/04/lauras-loop-flannel-receiving-blankets/

Selamat berkreasi dan nikmati hari-harimu yang pasti jadi tambah seru dan berwarna!

Comment