Jajan di Food Truck, Yuk Coba!
Thursday, 25 June 2015
TRENDS
JAJAN DI FOOD TRUCK, YUK COBA!
0

Kalau sebelumnya hang out dan jajan di toko serbaada jadi pilihan, sekarang kamu bisa coba jajan makanan di food truck, yaitu penjual makanan mobile yang menggunakan truk. Keberadaan food truck yang selalu ramai antrian pelanggan bukan hal aneh lagi sekarang. Di Indonesia, tren food truck muncul dua tahun lalu di Jakarta, terutama di daerah Kemang. Nggak butuh waktu lama, food truck kemudian menyebar ke kota-kota lain di Indonesia.

Jajan makanan yang dijual food truck punya keseruan sendiri, lho. Berbeda dengan makanan ala kaki lima yang biasanya dijual di gerobak, food truck punya konsep jualan yang unik, mulai dari desain truk, menu makanannya, sampai ke jadwal ‘buka toko’-nya.

Desain yang Seru.
Salah satu yang menarik dari food truck adalah desainnya yang seru dan fun. Desainnya harus bisa mencerminkan makanan yang mereka jual dan juga mememancing rasa penasaran orang-orang untuk membeli makanan mereka. Nggak cuma itu, para penjualnya juga pasti ingin punya identitas sendiri yang terlihat beda dibanding penjual lain. Jadi saat jajan di food truck, sempetin deh untuk melihat-lihat desainnya.

Menu Lezat, Praktis, dan Terjangkau.
Karena terbatasnya tempat dan waktu memasak, menu yang dijual di food truck umumnya adalah makanan praktis dan fast food dengan harga yang lebih bersahabat. Walau begitu, rasa dan tampilannya nggak kalah dari makanan di kafe dan restoran, lho. Kebersihan dan kesegarannya juga relatif lebih terjaga ketimbang makanan yang dijual di kaki lima biasa. Mau makan di tempat atau bawa pulang, yang pasti yummy dan nggak bakal bikin ribet.

Jadwal Super Fleksibel
Dengan konsep mobile-nya, food truck yang jadi incaran kamu itu nggak akan menetap dalam waktu lama di satu tempat saja. Jadi sebelum kecele pas hang out, kamu harus rajin pantau akun media sosial si penjual dulu untuk cek jadwal mangkal mereka. Sekarang pun mulai banyak event-event seperti food festival, konser, atau pameran yang bekerja sama dengan food truck sebagai penyedia jasa makanan on-the-go.

Sekilas Sejarah Food Truck.
Food truck lebih duluan populer di Amerika Serikat dan Kanada. Bahkan di AS sudah ada sejak pada abad ke-17 dalam bentuk ‘dapur berjalan’ di dalam gerobak yang ditarik kuda. Saat krisis keuangan tahun 2008, mulai banyak orang yang membuka bisnis food truck untuk menjual makanan dengan harga lebih murah. Sekarang bisnis food truck semakin berkembang di seluruh dunia walau tujuannya lebih ke gaya hidup.

Comment