From Passion to Business
Tuesday, 24 May 2016
TRENDS
FROM PASSION TO BUSINESS
0

Usia muda bukan jadi penghalang untuk berbisnis. Buktinya, sekarang sudah banyak sekali anak muda yang memulai usahanya sendiri, baik berdagang ataupun menjual jasa. Coba cek saja timeline Instagram-mu, bisa jadi di situ ada beberapa temanmu yang mempromosikan barang dagangannya atau jasa.

Dunia bisnis sudah berkembang dan terbuka untuk segala jenis usaha. Jadi jangan ragu untuk mencoba bisnis apapun, selama tidak melanggar hukum dan aturan. Kalau bingung mau usaha apa, mulai saja dari passion-mu! Jangan salah, passion kamu bisa lho, dijadikan bisnis yang menghasilkan uang.

Kalau passion kamu terhadap seni doodling cuma dilakukan di buku, kenapa nggak kamu buat lebih serius dan tawarkan jasamu membuat seni doodling kepada orang lain. Atau kalau kamu punya cita-cita membuka toko kue ternama, mulailah dengan menjual kue-kue buatanmu ke orang-orang di sekitarmu. Sambil berbisnis, terus kembangkan keahlianmu jadi lebih baik.

Yuk, buat passion kamu menjadi bisnis yang menjanjikan!

  • Start it now
    alam bisnis, momentum itu berperan besar. Banyak pebisnis sukses tidak menunggu lama untuk memulai saat ada peluang yang datang. Jadi, jangan sampai kehilangan waktu untuk memulai bisnismu, apalagi jika sedang tren. Segera mulai dan fokuskan diri untuk mengembangkannya. Namun jika passion kamu bukan sesuatu yang sedang tren, tetap kamu kembangkan tapi buat lebih unik dan menarik agar mendapat perhatian.
     
  • Manfaatkan media sosial.
    Media sosial (medsos) bisa kamu manfaatkan untuk jualan dan promosi bisnismu. Jangkauan medsos yang sangat luas bisa jadi pasar yang sangat besar, bisa seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri. Untuk memperkuat promosimu, kamu bisa meminta bantuan dari temanmu yang punya banyak follower untuk mempromosikan bisnismu.

    Untuk berpromosi di medsos, kamu harus ingat bahwa pengguna medsos sangat tertarik ke foto/gambar jadi kamu harus mengatur agar foto yang kamu gunakan terlihat menarik. Jangan lupa memberi informasi yang detil jika kamu menjual produk, misalnya warna, ukuran, rasa, atau lainnya.
     
  • Fast response.
    Ritme hidup masyarakat saat ini serba praktis dan kian cepat. Begitu juga dengan pelayanan yang mereka inginkan. Apapun bisnis kamu, pastikan saat orang lain tertarik, kamu dapat meresponnya dengan cepat. Belum tentu setelah itu akan terjadi transaksi, tapi pelayanan yang bagus, ramah, dan cepat akan membuatmu diingat.

Jangan pernah ragu untuk mewujudkan passion kamu ke dalam bentuk bisnis, karena bisnis yang paling menyenangkan adalah saat kamu melakukannya sesuai dengan passion. Saat melakukan hal yang kamu cintai, kegagalan tidak akan terasa pahit, kamu justru akan semakin tertantang untuk memperbaiki dan menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi.

Jika saat ini kamu belum memiliki ide berbisnis, mungkin kamu bisa mengulik dunia kreatif, karena selain dekat dengan anak muda, dunia kreatif memungkinkan kamu untuk menciptakan sebuah tren baru. Yuk, semangat jadi young entrepreneur!

Comment