Books to Read Before They Become Movies
Friday, 01 April 2016
TRENDS
BOOKS TO READ BEFORE THEY BECOME MOVIES
0

Selama ini, buku sudah sering kali diadaptasi menjadi sebuah film. Bukan hanya buku novel, biografi, atau kisah nyata, bahkan buku self-help yang penuh berisi tips pun ada yang pernah difilmkan.

Nah, tahun ini, ada banyak buku terkenal yang ceritanya diadaptasi menjadi film. Kalau kamu belum membaca bukunya, masih ada waktu kok, sampai filmnya dirilis. Ini dia beberapa di antaranya.

 

Fantastic Beast and Where to Find Them

Pengarang: J.K. Rowling

Buat yang sudah selesai membaca seluruh seri buku Harry Potter, pasti familiar dengan judul buku ini, yang merupakan buku pelajaran wajib bagi murid-murid Hogwartz tahun pertama. Buku yang ditulis oleh Newt Scamander ini berisi berbagai penjelasan tentang mahluk-mahluk magis di dunia penyihir.

Buku ini kemudian menarik perusahaan film untuk dibuatkan filmnya. Berbeda dari isi buku, cerita filmnya akan terfokus kepada masa-masa Newt Scamander (diperankan Eddie Redmayne) melakukan penelitian tentang mahluk-mahluk magis ini. Filmnya sendiri baru akan dirilis pada November 2016.

 

Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children

Pengarang: Ransom Riggs

Buku ini berkisah tentang Jacob Portman yang mencari tahu tentang kehidupan kakeknya di masa lalu. Ia bertualang melintasi waktu untuk berkunjung ke panti asuhan milik Miss Peregrine, tempat kakeknya tinggal semasa kecil, yang ternyata berisi anak-anak ’istimewa’. Ada yang bisa menciptakan api, ada yang punya kekuatan luar biasa, dan lainnya.

Buku ini menjadi sangat menarik karena memuat foto-foto asli dari anak-anak penghuni panti asuhan pada masa lalu. Belum diketahui apakah foto-foto ini juga akan muncul di filmnya yang dirilis pada akhir September nanti. Filmnya sendiri sangat dinanti para pecinta buku ini karena disutradarai oleh Tim Burton dengan Asa Butterfield berperan sebagai Jacob dan Eva Green sebagai Miss Peregrine.  

 

Antologi Rasa

Pengarang: Ika Natassa

Novel ini mengisahkan tiga orang sahabat, yaitu Keara, Harris, dan Ruly, yang ternyata terlibat cinta yang rumit satu sama lain. Harris mencintai Keara, namun Keara ternyata mencintai Ruly, padahal Ruly hanya mencintai Denise. Ceritanya disajikan dari sudut pandang empat karakter ini secara bergantian sehingga terasa mengena.

Film hasil adaptasi buku ini kemungkinan akan dirilis tahun ini walau belum jelas kapan. Fokus ceritanya pun lebih kepada hubungan cinta yang tak terungkap antara Keara, Harris, Ruly, dan Denise. Buat kamu yang suka banget sama bukunya, sabar menunggu dulu, ya.

 

Kasus Khusus:

Alice Through the Looking Glass

Pengarang: Lewis Caroll

Saat diumumkan bahwa film sekuel dari film Alice in Wonderland memiliki judul Alice Through the Looking Glass, kebanyakan orang langsung menyangka bahwa film ini merupakan hasil adaptasi dari bukunya. Namun ternyata, film ini memiliki cerita yang  berbeda, walau sama-sama ada cermin sebagai ‘pintu masuk’ ke dunia ajaib.

Di bukunya, Alice diceritakan memasuki dunia di balik cermin yang ternyata adalah Chessland yang menerapkan sistem permainan catur. Sementara di filmnya, Alice malah kembali ke Wonderland untuk menyelamatkan Mad Hatter. Namun jika kamu menyukai film pertamanya, tak ada ruginya sih, menonton film ini.

Comment