Berlibur dan Belajar di Summer Camp
Tuesday, 03 November 2015
TRENDS
BERLIBUR DAN BELAJAR DI SUMMER CAMP
3

Butuh suasana dan tujuan berlibur yang lain dari biasanya? Coba ikutan summer camp, yuk. Summer camp nggak hanya untuk anak-anak lho, tapi juga untuk remaja dan orang dewasa. Programnya dirancang untuk mengisi waktu libur dengan kegiatan edukatif tapi tetap menyenangkan. Pastinya tetap menyenangkan.

Sesuai istilah camp yang berarti penampungan, pesertanya ‘ditampung’ di sebuah tempat mirip asrama. Bentuknya bisa barak, kabin, tenda, rumah penduduk, atau hotel jika biayanya lebih mahal. Ini yang membedakan summer camp dengan summer program lainnya, yang biasanya nggak ada acara menginap bersama.

Beragam Summer Camp
Secara umum, summer camp punya program variatif yang memadukan petualangan, olahraga, budaya, kuliner, dan lainnya. Tapi banyak juga summer camp yang punya program tematik yang disesuaikan dengan minat. Misalnya, summer camp khusus sepak bola, olahraga air, yoga, memasak, crafting, teknologi, belajar bahasa asing, menulis, menjadi relawan, sampai ke kewirausahaan. Seru, ya! 

Ada berbagai kegiatan yang bisa diikuti oleh para pesertanya, biasanya dilakukan secara berkelompok agar peserta bisa bersosialisasi dengan peserta lain. Ini cara yang bagus untuk menambah teman. Lokasi kegiatannya pun banyak dilakukan di luar ruangan agar dapat lebih menikmati musim panas. 

Punya Banyak Manfaat
•    Membangun kepercayaan diri.
Dengan kegiatan non-kompetitif dan kesempatan untuk membangun kerjasama dengan orang lain, kepercayaan dirimu secara perlahan akan terbentuk. Apalagi kamu akan mendapat berbagai motivasi dari pelatih/mentor bahwa apa yang ingin kamu lakukan pasti dapat kamu selesaikan.

•    Mengembangkan keterampilan.
Punya satu atau beberapa keterampilan yang kamu sukai dan kuasai penting untuk bekal kehidupanmu di masa depan. Di summer camp, belajar berbagai keterampilan akan mengisi waktumu. Dari sini, kamu akan dapat gambaran tentang apa yang paling kamu minati dan kerjakan nanti di masa depan.

•    Lebih mandiri.
Selama mengikuti summer camp, kamu akan jauh dari orangtua dan keluarga untuk sementara waktu. Meski ada fasilitator, tapi kamu akan diarahkan untuk bisa bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Banyak kegiatan di kamp yang juga memberi kesempatan agar kamu bisa mengambil keputusan sendiri. Nah, kamu pasti akan terkejut dan bangga kepada diri sendiri karena ternyata mengelola pikiran, pilihan, dan tanggung jawab sendiri akan membuatmu merasa bebas, namun tetap dalam batasan yang benar.

•    Kuat mental.
Saat mencoba dan belajar hal-hal baru yang mungkin sedikit menakutkan buat kamu, lalu kamu gagal di awal tapi berani untuk mencoba lagi, saat itulah mentalmu terlatih untuk semakin kuat. Nggak ada kata menyerah!

Info Summer Camp
Di Indonesia sudah cukup banyak diadakan summer camp, tapi kebanyakan tidak diadakan rutin setiap tahun. Jadi kalau mau ikutan, kamu harus rajin-rajin cek di internet beberapa bulan sebelumnya supaya nggak ketinggalan. 

Beberapa institusi yang rutin mengadakan summer camp di antaranya adalah:

  • Kampung Inggris: Belajar bahasa Inggris di lingkungan yang berbahasa Inggris selama 24 jam. 
    Info: kampunginggris.co.id
  • Indonesia International Work Camp: Punya beragam program menjadi relawan untuk lokal dan internasional. 
    Info: iiwcindonesia.wordpress.com.
  • Green SuperCamp: Memberi pendidikan tentang kepedulian lingkungan dan menjalani hidup yang eco friendly dan bertanggung jawab kepada lingkungan.
    Info: greencampbali.com.

Have fun in summer camp, girls!

Comment