Belajar Public Speaking
Thursday, 13 August 2015
TRENDS
BELAJAR PUBLIC SPEAKING
2

"If you want to be a leader, you had better be able to communicate." - Paul A. Argenti

Salah satu skill yang perlu kamu asah dan latih adalah keterampilan berbicara di depan umum. Ini penting lho, karena kamu akan sering bicara di depan orang banyak dalam hidupmu, mulai dari presentasi tugas sekolah dan kuliah di depan kelas, presentasi skripsi di depan dosen-dosen penguji, sampai saat kerja nanti, kamu akan presentasi di hadapan klien atau investor. Yuk, jadi cewek proaktif dengan belajar public speaking dari sekarang!

Kalahkan Demam Panggung
Umumnya, public speaking diartikan sebagai proses berbicara di depan umum dan seni ilmu pengetahuan tentang komunikasi lisan yang efektif dengan pendengar. Sering kali saat mendengar kata ‘public speaking’, rasa minder, grogi dan segala gejala demam panggung lainnya langsung muncul. Nah, saatnya kamu obati masalah demam panggung dengan belajar public speaking sejak awal.

Buat kamu yang hobi cuap-cuap atau malah ‘pelit’ ngomong, ternyata sama-sama perlu memiliki kemampuan berbicara di depan publik. Karena dengan punya keterampilan tersebut, kamu bisa menggali potensi diri lebih jauh dari yang kamu bayangkan dan membentuk imej dirimu jadi lebih positif dan terbuka. Kalau sudah terbiasa, bahkan kamu bisa semakin pede saat tampil dan berhadapan dengan orang banyak yang berbeda karakter denganmu. 

Kursus Public Speaking
Menjamurnya sekolah atau tempat kursus public speaking yang dibuka di kota-kota besar tentu bikin kamu makin nggak sabar untuk belajar jadi public speaker yang andal. Tapi sebelumnya, ada baiknya kamu mencari informasi tentang tempat-tempat kursus public speaking yang ada, baik dari teman, dari internet, atau dengan berkunjung langsung ke sana.

Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

  • Kebutuhanmu mengikuti kursus: apakah karena ingin menghilangkan demam panggung dan tampil lebih pede, memang ingin menjadi public speaker profesional, atau sekadar tahu dasar-dasarnya saja? Ini menentukan jenis program yang sesuai kebutuhan.
  • Pilih kursus public speaking yang lebih banyak memberi pelajaran praktek daripada teori. Ini penting karena public speaking harus dipelajari sambil dilakukan langsung.
  • Pastikan tempat kursus public speaking-nya berkualitas, terpercaya, dan punya tenaga-tenaga profesional sebagai pengajarnya. 
  • Proses belajar di kursus public speaking yang baik nggak hanya berjalan satu arah, tapi interaktif. Para pengajarnya akan lebih dahulu melihat kepribadianmu dan apa yang bisa dikembangkan dari situ, bukannya menyamaratakan semua orang dan mengajarkan hal yang sama. 

Beberapa tempat kursus public speaking yang bisa kamu pertimbangkan di antaranya adalah:

TALKinc
Jl. Wijaya I no. 73 lantai 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160
Telp: 021-7202719, 80777779
Email: info@talk-incorporation.com

Alvin Adam School of Communication
Sentral Senayan 2, 16th Floor Jl. Asia Afrika No. 8 Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta
Telp: 021-77206265

Public Speaking Academy
Jakarta:
Senayan Trade Center Lt. 4 No. 1033 Jl. Asia Afrika Senayan
Telp : 021-36246123
Email:  PublicSpeakingJakarta@gmail.com

Semarang:
Jl. Karang Anyar no. 29 E
 Telp: 024-3545577
Email: publicspeakingsemarang@gmail.com

Manado:
Jl. W. Monginsidi no. 99 – Bahu
Telp: 0431-834516
Email: mindsetinspirator@gmail.com 

Ganesha Public Speaking School (GPSS)
Jl. Tubagus Ismail No. 5D, Dago, Bandung
Telp: 0858-6000-0020 (Icha), 0899-9392-677 (Fauzi)
Email: info@gpssbandung.com

Surabaya School of Public Speaking
Griya Farras. Ambassador Hall. Jl. Gadelsari Madya No.9, Tandes, Surabaya
Telp: 085655123862

Comment