Yuk, Jadi Yang Lebih Baik!
Thursday, 30 April 2015
LIFESTYLE
YUK, JADI YANG LEBIH BAIK!
1

Semua orang pasti punya kebiasaan buruk atau bad habit. Mulai dari sering ngaret, nggak bisa bangun pagi, menunda pekerjaan, hingga malas merawat kulit. Meski tahu dampak negatif kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, namun kamu susah meninggalkannya karena sudah masuk ke alam bawah sadar. Padahal kebiasaan buruk itu nggak cuma merugikan dirimu sendiri, tapi juga orang lain.

Yuk, be a better you! Kamu bisa kok, meninggalkan bad habits dan mulai memperbanyak good habits. Mau tahu caranya?
 
Kenali bad habit-mu
Jujurlah dengan diri sendiri. Tanyakan kepada dirimu, apa saja kebiasaan buruk yang selama ini membuat kamu tidak produktif dan merugikan orang lain? Kamu juga bisa bertanya ke sahabat dan keluargamu. Karena biasanya, orang lain lebih bisa melihat hal-hal yang tak sadar kamu lakukan. Kalau sudah tahu jawabannya, cari cara untuk segera meninggalkan kebiasaan burukmu itu.

Bikin daftar keuntungannya
Tau tentang keuntungan-keuntungan yang kamu dapatkan dari perubahan ini bisa menjadi semangat untuk segera mengubah kebiasaan burukmu. Contohnya, dengan mengerjakan PR lebih awal, kamu jadi punya waktu untuk nonton video konser band favorit.

Mulai dari langkah kecil
Meninggalkan kebiasaan yang sudah melekat memang nggak gampang. Karena itu, mulailah dengan langkah kecil namun rutin. Kalau kamu punya bad habit cuek merawat kulit, tak perlu tiba-tiba langsung pergi ke salon seharian untuk merawat tubuh. Kamu bisa mulai dengan yang simpel seperti mengoleskan body lotion setiap sehabis mandi.

Minta tolong orang terdekat
Mengubah kebiasaan buruk sendirian tentu tidak mudah. Kamu butuh bantuan keluarga, sahabat, atau pacar. Mereka bisa membantu mengingatkan, bahkan memarahi, kalau tiba-tiba atau tanpa sadar kamu kembali melakukan kebiasaan lamamu.

Beri hadiah untuk diri sendiri
Nah, kalau kamu sudah mulai bisa meninggalkan bad habit, jangan lupa untuk memberi hadiah ke diri sendiri. Nggak perlu hadiah yang mahal, kok. Misalnya, kalau kamu bisa bangun pagi selama sepekan, beri hadiah untuk dirimu sendiri berupa sepotong kue cokelat kesukaan. Atau kalau kamu berhasil olahraga minimal seminggu dua kali selama bulan lalu, kamu boleh beli T-shirt olahraga kece yang kamu idam-idamkan.

Nah, nggak susah kan, menghilangkan bad habit? Ayo mulai dari sekarang!

 

Comment