Trik Simpel Asah Kreativitas
Monday, 19 October 2015
LIFESTYLE
TRIK SIMPEL ASAH KREATIVITAS
1

Sebenarnya kamu memiliki daya kreativitas yang relatif tinggi lho, girls. Namun kalau jarang diasah, kemampuan berpikir justru semakin sempit dan otak jadi malas. Berikut ini 10 trik simpel yang bisa kamu lakukan untuk mengasah otak agar berpikir kreatif setiap hari:

1.    Membaca.
Aktivitas ini nggak hanya berfungsi untuk menajamkan pikiran, tapi juga dapat melenturkan otot-otot otak serta membantu membangun ‘cadangan kognitif’ untuk meminimalisasi gejala pikun.

2.    Menulis.
Selain membaca, menulis juga perlu dilakukan untuk melatih daya ingat kamu. Tuangkan isi kepalamu ke dalam bentuk diari atau jurnal, puisi, cerita, atau bikin blog untuk menjernihkan pikiran, melatih kreativitas, dan mendorong kemampuan analitis kamu.

3.    Bermain puzzle dan strategi.
Mulai sering-sering main game, deh. Pilih permainan ber-genre asah otak dan strategi seperti Candy Crush Saga, catur, sudoku, atau jenis puzzle lainnya, karena dapat melatih daya konsentrasi sekaligus memacu otak untuk lebih berpikir kreatif.

4.    Ubah rutinitas.
Sesekali ubah rutinitas kamu dan mulai melakukan metode hidup baru untuk mengaktifkan kembali koneksi otak yang pasif akibat terlalu lama menjalani aktivitas yang sama setiap hari.

5.    Belajar menjadi ambidextrous.
Latih tangan non-dominan kamu untuk ikut aktif bergerak. Kalau kamu bertangan kidal, maka gunakan tangan kanan untuk latihan, begitu juga sebaliknya. Latihan ini tentunya bermanfaat untuk memperkuat hubungan saraf yang ada serta membentuk saraf baru.

6.    Belajar bahasa asing.
Bukan sekadar mengenal budaya orang lain, belajar bahasa asing ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf serta mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan sejak kita mulai berbicara.

7.    Menikmati musik.
Selain mendengarkan musik, belajar memainkan alat musik dan bernyanyi juga bermanfaat untuk mengaktifkan dua indera sekaligus.

8.    Latihan fisik.
Latihan fisik juga dapat meningkatkan kesehatan otak karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Selain itu, aktivitas ini mampu meningkatkan daya perhatian, penalaran dan memori, serta koordinasi antar saraf pada seluruh organ tubuh.

9.    Mencari hobi baru.
Tantang otak untuk belajar keterampilan baru atau hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Temukan sesuatu yang baru dan menarik untuk dapat menjaga otak tetap aktif.

10.    Tertawa.
Hormon endorfin akan terlepas ketika kita tertawa. Nggak hanya menurunkan kadar stres, tertawa dapat menjaga kesehatan otak sehingga kita jadi lebih terbuka terhadap ide-ide mutakhir.

Comment