Trik Mengontrol Diri di Media Sosial
Wednesday, 22 February 2017
LIFESTYLE
TRIK MENGONTROL DIRI DI MEDIA SOSIAL
1

Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua orang punya akun media sosial (medsos). Sayangnya, seperti layaknya komunikasi di dunia nyata, komunikasi di dunia maya ini juga rentan bikin masalah. Berbagai kasus cyber bullying dan aneka twit war yang berbuntut tuntutan hukum adalah beberapa contohnya.

Untunglah, negara kita punya UU ITE atau Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan pasal-pasal yang mampu menjerat pihak-pihak yang sudah kelewatan dalam hal penyalahgunaan internet. Undang-Undang ini juga berguna sebagai ‘pagar pembatas’ buat kamu supaya nggak terpancing membuat tulisan atau komentar negatif yang berpotensi merugikan orang lain.

Untuk bisa ‘berseluncur’ dengan santun di medsos, kita butuh kemampuan kontrol diri yang baik. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dan bagaimana trik untuk melakukannya?

Jaga Emosi
Melihat orang ngemeng sembarangan di medsos memang bikin hati panas. Tapi, jangan mau terpancing! Ingat, medsos dibuat supaya kita bisa saling terhubung dengan teman atau saudara. Disinilah tempat kita tukeran kabar atau berbagi meme lucu. Jangan disalahgunakan sebagai ‘tong sampah’ untuk melampiaskan emosi apalagi mem-bully!

Posting-an yang Adem
Lebih mudah mengontrol reaksi kita dibanding orang lain. Kalau ada yang pasang status atau menulis komen-komen yang nyinyir, menyindir, bahkan menghina secara terang-terangan di feed medsosmu, cukup balas dengan kalimat yang bikin adem suasana. Misalnya, dengan ngasih candaan atau jokes ‘garing’. Kalau mereka masih ngotot, tinggal unfollow. Bye, girl!

Cek dan Ricek
Kesannya memang keren kalau kamu jadi orang pertama yang tahu suatu berita penting atau jadi orang pertama yang nyebarin info-info seru. Boleh saja, asal… informasi itu bukan hoax dan berasal dari sumber yang terpercaya. Lakukan cek dan ricek dengan cermat supaya kamu nggak terjerat UU ITE pasal 28 tentang penyebaran berita bohong.  

Menulis Positive Contents
Kontrol diri sendiri dengan hanya menulis atau mengunggah hal-hal yang postif saja. Pastikan posting-an kamu nggak mengandung isi atau gambar yang punya potensi memprovokasi orang lain untuk berkomentar atau bertindak yang nggak menyenangkan. Misalnya, konten-konten vulgar atau yang mengandung unsur-unsur SARA.

 

Sumber foto : www.123rf.com

Comment