Susun Itinerary Liburan Sendiri
Wednesday, 22 February 2017
LIFESTYLE
SUSUN ITINERARY LIBURAN SENDIRI
0

Pergi liburan sendiri tanpa mengikuti tur bersama travel agent itu seru, lho. Kamu bisa puas berlibur dengan jadwal dan tempat tujuan sesuai yang kamu inginkan. Tapi, kalau liburan sendiri, tentunya segala sesuatunya harus dipersiapkan sendiri. Termasuk membuat jadwal rencana liburan atau itinerary.

Itinerary adalah daftar yang mengurutkan kegiatan perjalanan yang dilengkapi informasi pendukung seperti lokasi, jumlah hari, kegiatan wisata, informasi makanan, transportasi juga budget. Begini cara menyusunnya.

  • Pertama-tama, susun daftar tempat yang ingin didatangi. Misalnya, kalau akan pergi ke Jepang, maka buatlah daftar tempat-tempat yang ingin dikunjungi di sana secara rinci, baik per daerah atau per distrik. Setelah itu, kelompokkan tempat-tempatnya berdasarkan area atau jalur transportasi. Cek Google Maps sebagai bantuan.
     
  • Sesuaikan tempat-tempat yang sudah dikelompokkan dengan jumlah hari libur dan waktu dalam sehari. Jangan terlalu ambisius memasukan banyak tempat untuk dikunjungi dalam satu hari. Selain waktunya akan terlalu mepet, kamu juga jadi nggak bisa menikmati secara maksimal suatu tempat wisata. Hanya sempat berfoto, lalu buru-buru pergi ke lokasi berikutnya. Huuu… rugi!
     
  • Dengan bantuan Google Maps dan peta jalur transportasi per kota, catat transportasi dari tempat A ke tempat B. Kalau naik kereta, catat nama stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan. Catat nomor kereta dan nomor jalur kereta.
     
  • Masukan tempat makan dalam daftar itinerary. Misalnya, di hari saat kamu berkeliling di daerah Shinjuku di Tokyo, carilah tempat makan di daerah situ juga untuk menghemat waktu dan tenaga. Catat jam operasionalnya. Soalnya di beberapa negara, ada restoran yang hanya buka di jam-jam tertentu.
     
  • Selalu masukkan budget dalam setiap daftar itinerary-mu. Mulai dari harga makanan, transportasi, akomodasi, juga harga tiket masuk ke semua tempat wisata. Tulis jumlah sampai ke angka sen (jangan dibulatkan). Dengan begitu, kamu bisa membandingkan harga dan mengontrol setiap pengeluaran dengan rinci.
     
  • Enaknya jalan sendiri dengan itinerary buatan sendiri, kalau kamu sangat menyukai suatu tempat atau suatu obyek wisata, maka kamu bisa berlama-lama di sana. Tapi, buat kesepakatan terlebih dulu dengan teman liburanmu, ya. Karena kalau akan lama di suatu tempat, berarti ada satu tempat lain yang harus dibatalkan atau dipersingkat waktu kunjungannya.

Girls, itinerary bisa disusun dengan berbagai cara, mulai dari bentuk tabel atau runut ke bawah dengan poin-poin. Setelah selesai, perlihatkan pada teman atau saudara yang sudah pernah pergi ke tempat tujuan itu sebelumnya. Dengarkan saran dari mereka, jangan-jangan itinerary buatanmu masih belum pas dan ada bagian-bagian yang perlu diubah.

Sumber foto : www.123rf.com

Comment