Sukses Berburu Beasiswa di Luar Negeri
Monday, 25 September 2017
LIFESTYLE
SUKSES BERBURU BEASISWA DI LUAR NEGERI
0

Nggak sedikit cewek yang bermimpi untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Selain untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas tinggi, juga untuk merasakan pengalaman tinggal dan hidup di negeri yang berbeda.

Tapi, kompetisi untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri sangat ketat. Memang nggak gampang, tapi juga nggak mustahil. Ubah mimpi jadi kenyataan dengan mencoba tips berikut.

‘Curi’ Start

Jangan tunggu di tahun kedua atau ketiga di SMA atau SMK untuk mulai mempersiapkan diri. Kumpulkan informasi mengenai beasiswa dan kampus incaran dari sekarang. Termasuk persyaratan dan dokumen yang diperlukan. Lakukan networking sebanyak-banyaknya, terutama dari saudara atau kenalan yang sudah pernah mendapatkan beasiswa.

Modal Bahasa

Sebagian besar universitas di luar negeri yang memberikan beasiswa akan menyelenggarakan perkuliahan dalam bahasa Inggris. Bahasa ini juga kita butuhkan untuk kelancaran menulis laporan, paper, atau karya ilmiah yang menunjang kelulusan kita nantinya. Jadi, ‘genjot’ terus kemampuan bahasa Inggris kamu, terutama nilai score TOEFL dan IELTS.

Perbagus CV

Ketika akan mengajukan beasiswa, pihak sponsor atau pemberi beasiswa ingin mengenal kita lebih jauh lewat CV atau essay. Uraikan semua kelebihan, prestasi, dan keunikan diri kita ke dalam kedua dokumen itu. Semakin inspiratif dan menarik isinya, kemungkinan mereka tertarik untuk meloloskan kita, akan semakin besar. Tapi, hindari berbohong atau memalsukan data, ya.

Latihan Wawancara

Setelah dinyatakan lolos seleksi berkas, langkah selanjutnya adalah sesi wawancara. Biasanya langkah ini akan menentukan apakah kita lolos atau tidak. Nah, supaya nggak blank atau salah bicara, lakukan latihan. Cari tahu pertanyaan-pertanyaan apa yang biasanya ditanyakan, lalu lakukan simulasi. Bisa di depan kaca atau di depan orang-orang terdekat. Terima kritik dan saran dari mereka, lalu perbaiki hingga presentasi terdengar semakin mantap.

Usaha 100%

  1. enulis trilogi Negeri 5 Menara, Ahmad Fuadi, yang sudah berhasil mendapatkan 10 beasiswa di luar negeri, pernah bilang bahwa beasiswa nggak hanya buat orang-orang pintar aja, tetapi untu orang-orang yang mau berjuang dengan sungguh-sungguh. Girls, pada dasarnya, mendapatkan beasiswa di luar negeri memang susah, jadi perjuangannya juga harus besar dan gigih juga, dong. So, tetap semangat dan semoga berhasil, ya!

Comment