Suka Duka Sekolah Di Luar Negeri
Monday, 21 March 2016
LIFESTYLE
SUKA DUKA SEKOLAH DI LUAR NEGERI
0

Wah, senangnya dapat kesempatan sekolah di luar negeri! Tapi, di antara rasa senang, ada rasa was-was, takut nggak bisa adaptasi di sana. Sebaiknya kenali dulu, apa saja hal-hal baru atau berbeda yang akan kamu temui saat sekolah di luar negeri.

Makanan
Nggak ada nasi, ya? Aku nggak suka pasta, nih.”
Karena terbiasa makan nasi, jadi inginnya harus nasi yang masuk perut. Makanan memang sering jadi hal krusial saat tinggal di luar negeri. Agar merasa lebih nyaman dan nyaman, kamu bisa masak sendiri. Hal-hal seperti ini yang bakal membuat diri kamu jauh lebih mandiri dan mampu bertahan.

Transportasi
“Wah, nyaman sekali naik kereta, nggak desak-desakan, jarang delay, lagi!”
Sistem tranportasi di Singapura, Jepang, Eropa, dan negara maju lainnya mungkin bakal jadi satu hal baru yang menyenangkan saat bersekolah di sana. Tertib, terkendali dan tepat waktu membuat kamu nyaman, aman dan pede menggunakan kendaraan umum di sana.

Cuaca
“Dingin banget, minus 3, nih!”
Beda dengan di Indonesia yang saat hujan kita tinggal pakai payung, cuaca ekstrem di luar negeri sering membuat tubuh sulit beradaptasi bahkan menghambat aktivitas. Tapi yang bikin senengnya, perbedaan musim suatu negara akan memberi pengalaman tak terlupakan. Kamu akan melihat warna-warni gugur daun atau membuat boneka salju untuk pertama kali.

Persiapkan Diri dan Tujuan
Itu baru sebagian cerita yang akan kamu alami saat sekolah di luar negri. Bakal lebih banyak lagi hal-hal yang harus kamu pelajari, biasakan dan hormati. Rasa kangen dan jauh dari keluarga pun bisa menimbulkan homesick yang luar biasa hingga mempengaruhi mood kamu.
Tapi, tidak semua orang punya kesempatan sekolah ke luar negeri, lho. Kesempatan untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing, berkenalan dengan pelajar dari berbagai bangsa, mengenal budaya baru, sampai mencoba aktivitas-aktivitas seru yang mungkin nggak bisa kamu lakukan di Indonesia, bisa mengimbangi hal-hal yang bikin kamu sedih.
Untuk menghadapi semua kemungkinan itu, sebaiknya siapkan diri dan tujuan yang jelas bila memutuskan untuk sekolah di luar negeri. Karena ini bukan sekedar jalan-jalan atau gengsi semata. Tapi sebuah tanggung jawab yang harus kamu selesaikan. Dan baiknya, ada teladan yang bisa kamu bagikan sepulang dari sana.

Comment