#SaatnyaBersinar dan Kembangkan Potensi Diri
Friday, 02 December 2016
LIFESTYLE
#SAATNYABERSINAR DAN KEMBANGKAN POTENSI DIRI
0

Sudah bukan saatnya lagi, kita selalu berada dalam bayang-bayang orang lain. Sekarang adalah saatnya kita bersinar! Tunjukkan kepada semua orang bahwa kita bisa dan siap mendapat spotlight untuk diri kita sendiri.

  1. Kenalan sama diri sendiri. Buat beberapa pertanyaan agar kita tahu, apa sih potensi diri kita. Misalnya: “Apa sih, tujuan hidup kita?” atau “Apa sih, kelebihan dan kekurangan kita?” Jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur.
     
  2. Cari tahu apa yang kita sukai. Dari jawaban jujur itu, kita bisa tahu apa yang sebenarnya kita sukai dan apa yang tidak. Fokuslah kepada hal-hal yang kita sukai. Misalnya, kita suka memasak. Maka, mulailah lebih fokus kepada hal-hal yang menyangkut masakan, misalnya lihat-lihat koleksi resep atau nonton acara masak di TV.
     
  3. Lupakan yang tidak disukai. Termasuk dalam hasil dari langkah 1 adalah hal-hal yang kita tidak sukai. Manusiawi lho kita punya sesuatu yang kita nggak suka, so just acknowledge them. Namun selanjutnya, lebih baik menonjolkan apa yang kita sukai dan lupakan juga hindari apa yang kita kurang sukai.
     
  4. Bertanya ke orang sekitar. Terkadang, kita sulit menentukan apa yang kita sukai. Ini saatnya bertanya ke sahabat, orangtua, kakak-adik, juga guru di sekolah tentang potensi diri kita. Biasanya, orang lain bisa melihat dengan lebih jelas dibanding diri sendiri.
     
  5. Tentukan tujuan. Setelah tahu apa yang kita sukai, tentukan tujuan untuk mengembangkan minat dan potensi kita itu. Kita bisa membuat tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Masukkan yang paling mudah jadi tujuan jangka pendek, dan cita-cita yang kita anggap sulit untuk jangka panjang.

    Bila suka memasak, tujuan jangka pendek misalnya membuat blog khusus masakan. Kumpulkan resep-resep, lalu praktekkan. Sambil memasak, jangan lupa difoto prosesnya dan hasil akhirnya. Setelah itu, upload deh, foto-foto itu dan cerita saat memasak. Sementara tujuan untuk jangka panjangnya adalah membuat toko pastry ternama.
     
  6. Banyak mencari referensi. Cari teman atau komunitas yang memiliki kegiatan favorit yang sama. Bergaulah dengan mereka, dan kita akan mendapatkan banyak referensi yang tentunya positif.
     
  7. Jangan terlalu keras kepada diri sendiri. Apalagi saat kita menghadapi kegagalan, dan merasa orang lain lebih baik dari kita. Coba kembali untuk fokus melakukan tujuan-tujuan yang sudah kita susun.
     
  8. Berani menerima saran, kritik dan masukan dari orang lain. Salah satu kunci agar seseorang bisa berkembang adalah mempunyai pikiran yang terbuka. Jadi terbukalah untuk menerima saran dan kritik. Jika kritiknya membangun, pikirkan dan terapkan. Namun jika kritiknya cenderung nyinyir dan negatif, ya, abaikan saja.
     

Satu hal yang harus kita lakukan agar percaya diri dalam menjalani langkah-langkah ini adalah tampil dengan tubuh yang terawat. Kulit yang sehat, lembap, dan ternutrisi bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Marina Hand & Body Lotion Natural Nutri Fresh. Di dalamnya terkandung Nutrisi Aktif Ganda dari pelembap alami Oat serta Butiran Vitamin E sebagai antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Perawatan ini sangat penting, terutama karena kita tinggal di negara beriklim tropis yang berpolusi.

Lakukan semua ini dengan niat konsisten agar tujuan kita bisa terwujud. Jadi, nggak perlu lama deh, untuk #SaatnyaBersinar!

Comment