Manfaat Bersahabat
Thursday, 25 June 2015
LIFESTYLE
MANFAAT BERSAHABAT
1

Di antara sekian banyak teman yang kamu punya, pastinya ada beberapa dari mereka yang sangat dekat, yang bisa kamu sebut sebagai sahabat. Persahabatan yang erat bisa melebihi persaudaraan, lho. Selain bisa seru-seruan bareng, ternyata bersahabat juga memberi banyak keuntungan untuk kesehatan, lho. Mau tahu lebih lengkap? Simak, yuk, beberapa fakta tentang manfaat bersahabat.

Bikin Tubuh Bugar
Berbagai penelitian membuktikan bahwa seseorang akan lebih rajin melakukan aktivitasnya kalau dilakukan bareng teman. Benar juga sih, kamu pasti jadi lebih semangat olahraga, ikut ekskul, bikin tugas, jadi relawan, bahkan jalan-jalan, kalau bareng sahabat. Semakin semangat kamu beraktivitas, maka tubuh juga akan selalu bergerak aktif. Ini yang bikin tubuhmu akhirnya jadi bugar.

Stress Out? No Way!
Sahabat yang baik akan bersedia mendampingimu, nggak hanya saat seru-seruan, tapi juga saat kamu sedang sedih. Kamu dan sahabat bisa berbagi cerita tentang apapun. Meski punya kekurangan masing-masing, kalian akan saling menguatkan, memberi semangat, juga memberi saran dan kritik bila dibutuhkan. Sahabat jadi bagian support system kamu dalam menjalani hidup, sehingga stres yang kamu rasakan berkurang.

Jadi Lebih Cerdas
Sering berkomunikasi dengan baik ke sahabat, baik ngobrol langsung, chat di aplikasi smartphone, atau lewat social media, bikin fungsi kognitif otakmu (yang berhubungan dengan daya ingat, memusatkan perhatian, penggunaan bahasa, memecahkan masalah, dan lainnya) tetap aktif. Nggak hanya itu, menghadapi karakter berbeda dari sahabat-sahabatmu bikin kamu harus berpikir untuk cara berkomunikasi yang tepat dengan masing-masing orang. Ini membuatmu jadi cerdas secara emosional.

Belajar Berorganisasi
Secara nggak langsung, bersahabat juga akan mengajarkan kamu tentang berorganisasi. Misalnya kamu dan sahabat-sahabat janjian mau nonton bareng. Nah, kalian pasti berdiskusi dulu mau nonton di mana dan kapan, film apa, janjian di mana, dan lain sebagainya. Bisa jadi, setiap orang punya keinginan dan pandangan yang berbeda. Ini bisa memperkaya wawasan kamu tentang jalan pikiran orang lain, belajar berempati, dan berusaha agar keputusan bisa diambil dengan kesepakatan semua orang.

Nggak nyangka ya, begitu banyak manfaat yang kamu dapat dengan bersahabat. Jadi, dijaga dong, hubunganmu dengan sahabat-sahabat supaya tetap sehat dan memberi manfaat bagi kalian.

 

Comment