Manfaat Belajar Public Speaking
Wednesday, 13 January 2016
LIFESTYLE
MANFAAT BELAJAR PUBLIC SPEAKING
0

Telapak tangan berkeringat, jantung berdegup kencang, serta perasaan seperti ada kupu-kupu menggelitik isi perut adalah sebagian dari hal-hal nggak enak yang biasa muncul saat berbicara di depan umum. Nggak heran banyak cewek yang ‘alergi’ public speaking. Padahal, kemampuan berbicara di depan umum dengan baik adalah salah satu kualitas yang sangat berguna.

Daripada terus-menerus menghindar, lebih baik lawan rasa minder tersebut dengan belajar cara melakukan public speaking, baik lewat workshop ataupun kursus. Manfaat dari belajar ini banyak lho, salah satunya akan membantumu menjadi lebih percaya diri.

Menaklukkan Rasa Gugup

Rasa gugup, bahkan gemetar, saat public speaking itu wajar banget. Nah, dalam workshop atau kursus, kamu akan diajari cara-cara untuk menguasai diri supaya tetap tenang dan berpikir jernih saat menghadapi kondisi tersebut. Mulai dari teknik bernafas sampai teknik visualisasi. Teknik-teknik itu juga bisa kamu praktikkan di kehidupan nyata, sehingga setiap kali gugup datang, kamu tetap relaks dan tidak terjebak dalam pusaran rasa panik.

Mengemukakan Ide dan Gagasan

Saat ngobrol, pernahkah kamu kesulitan menyampaikan ide atau gagasan? Di kursus atau workshop, kamu akan belajar cara bikin mulut kompak dengan isi kepala. Kamu diajari gimana cara mengemukakan sebuah ide atau gagasan melalui sebuah bahasa lisan yang jernih, to the point, dan mudah dimengerti. Teknik berbicara juga termasuk gimana mengatur intonasi suara, ekspresi muka, serta gerakan body language yang mendukung. Hasilnya, orang lain jadi lebih mudah mengerti pesan-pesan yang ingin kamu sampaikan.

Berlatih Berpikir Cepat dan Runut

Salah satu masalah terbesar saat public speaking adalah ketika pikiran tiba-tiba macet atau tiba-tiba lupa akan poin-poin penting yang ingin disampaikan. Untuk mengatasinya, kamu akan dilatih cara berkonsentrasi, cara mengatur jalan pikiran (mind management), serta cara mengantisipasi momen-momen mind block tersebut. Bila dipraktikkan di kehidupan nyata, teknik ini sangat berguna untuk menambah kepercayaan dirimu saat berkomunikasi.

Yakin kepada Diri Sendiri

Perhatikan deh, biasanya orang-orang yang luwes berbicara di depan umum adalah mereka yang yakin kepada diri sendiri meski bicara dengan ditatap banyak orang. Untuk bisa sampai ke tahap itu, kamu harus banyak berlatih. Dalam proses latihan itu biasanya akan terungkap kekurangan, kelebihan, serta potensi-potensi dirimu yang tersembunyi. Tiap kali sebuah kekurangan diri berhasil kamu hapus, atau setiap kali kamu berhasil menemukan potensi diri yang baru, maka rasa percaya dirimu ikut bertambah.

Luwes Dalam Bergaul

Agar materi public speaking matang, sebelumnya kamu harus melakukan riset. Caranya bisa dengan membaca (riset literatur), browsing internet, ataupun mewawancarai orang. Dengan materi public speaking yang kuat dan informatif, kamu jadi terbiasa membagi info, bercerita, bahkan menghibur banyak orang, dengan informasi yang akurat. Otomatis, kamu jadi banyak tahu dan punya banyak bahan obrolan yang bermanfaat dalam pergaulan.

Comment