Lupakan, Jadikan Pelajaran, Lalu Move On
Wednesday, 12 August 2015
LIFESTYLE
LUPAKAN, JADIKAN PELAJARAN, LALU MOVE ON
1

Putus sama pacar, gagal lulus tes seleksi beasiswa, kesal karena temanmu membatalkan rencana traveling bareng tanpa alasan yang jelas, atau ada kejadian lain yang nggak mengenakan yang bikin kamu nge-drop? Walau sudah curhat ke sahabat, keluarga, atau jurnal pribadi, rasanya kadang susuatu yang bikin kamu sedih memang sulit dilupakan.

Wajar, asalkan kamu selalu sadar, semua kejadian buruk itu bukan untuk diratapi atau disesali berlarut-larut. Bersedih terus nggak akan membalik waktu ataupun mengubah keadaan. Pandang kejadian-kejadian nggak enak itu dari sisi berbeda, jadi sebuah pengalaman baru, pembelajaran yang memperkaya penilaian kamu, menjadikan pikiranmu lebih cerdas, dan kepribadianmu lebih bijaksana.

Kehebatan karaktermu akan terbukti dengan bagaimana kamu bangkit, melewati, dan melakukan hal baru setelahnya. Buat kegagalan atau kesedihan itu jadi tantangan positif. Ikuti trik untuk bisa let go and move on, yuk…

Bersyukur
Dengan bersyukur, jiwa dan pikiranmu akan selalu tetap dipenuhi hal positif. Bersyukur masih ada sahabat-sahabat dan keluarga yang selalu mendukung kamu, bersyukur masih punya kesempatan panjang untuk melakukan hal lain yang kamu suka, dan bersyukur bahwa keburukan atau kegagalan itu ditunjukkan agar kamu nggak mengalami hal yang sama nantinya.

Introspeksi  Diri
Coba untuk belajar tidak menyalahkan keadaan ataupun orang lain. Karena apapun yang terjadi adalah cerminan dari sikap kita sendiri. Jadi daripada berkutat mencari siapa yang salah dan awal masalahnya, lebih baik cepat-cepat mencari solusi dan memperbaiki diri. Oh ya, jangan berat untuk berkata "maaf" meski kamu tidak berada di posisi bersalah.

Belajar
Nggak pernah ada batasan ruang dan waktu untuk belajar. Selain pendidikan akademik, proses belajar justru akan lebih banyak didapatkan dari kehidupan sehari-hari. Bukan cuma belajar dari kegagalan sendiri, akan baik banget bila kamu juga bisa mengambil hikmah dari kegagalan yang dialami orang lain. Semakin banyak pengalaman yang kamu dapat, artinya akan semakin mahir kamu menghadapi tantangan berikutnya.

Bentuk Komunitas yang Positif
Jangan ragu tinggalkan bila hubungan pertemanan, apalagi hubungan dengan pacar, menjadi nggak positif untuk kamu. Orang-orang yang negatif dan nggak baik untuk kamu punya ciri yang jelas: ingin saling menjatuhkan dan lebih suka melihat orang lain kesusahan. Sebaliknya, lingkungan dan komunitas yang positif akan mendorong kamu untuk maju bersama dan bareng melakukan hal yang baik.

Menjadi Kreatif
Berusaha mencari solusi untuk keluar dari masalah atau perasaan yang nggak enak, sudah bagian dari cara berpikir kreatif, lho. Jadi, lanjutkan dengan menciptakan suasana positif dan menyenangkan. Sekedar hang out bareng sahabat atau keluarga bisa jadi awal melanjutkan hidupmu dan menciptakan kegiatan-kegiatan lain yang seru dan bermanfaat. Temukan kehebatan pribadimu dengan berani mencoba hal-hal baru. Hapus kata "nggak bisa" atau "nggak berhasil". Yang ada dalam pikiranmu adalah "coba", "coba lagi", dan "belajar sesuatu yang baru".

Tentunya nggak mudah dan butuh waktu untuk menjalani trik-trik ini, tapi menjalaninya dengan perlahan tapi pasti jauh lebih baik daripada tidak sama sekali. Yuk, jangan takut untuk mencoba!

Comment