Lima Manfaat Tersenyum
Thursday, 30 April 2015
LIFESTYLE
LIMA MANFAAT TERSENYUM
1

Ikon kecantikan klasik Hollywood, Audrey Hepburn, pernah berkata, "Happy girls are the prettiest". Setuju banget! Senyum juga bikin kamu tampak lebih menarik dan percaya diri. Buktinya, sebuah studi yang dilakukan oleh University of Aberdeen di Skotlandia menyatakan 69% laki-laki beranggapan kalau perempuan terlihat lebih muda dan menarik saat tersenyum dibandingkan perempuan yang mengenakan makeup.

Selain menambah daya tarikmu, senyum juga punya banyak manfaat positif lain:

  • Awet muda
    Hanya butuh 17 otot wajah untuk tersenyum. Sedangkan cemberut atau mengernyitkan dahi membutuhkan lebih dari 40 otot wajah. Padahal seiring pertambahan usia, gerakan otot wajah perlahan akan menimbulkan bekas lekukan kulit. Nah, bayangkan kalau kamu cemberut setiap hari, bisa-bisa kulitmu jadi penuaan dini.
  • Mengurangi stres
    Saat tersenyum, bagian otak yang mengatur emosi bahagia diaktifkan. Akibatnya hormon pemicu stres berkurang dan hormon pembangkit mood meningkat.
  • Lebih sehat
    Dengan tersenyum, tekanan darahmu bisa turun. Tersenyum juga bisa bikin sistem kekebalan tubuh manusia jadi lebih baik. Ini karena saat tersenyum, tubuhmu dalam kondisi lebih relaks. Smile, and laughter, really is the best medicine, girls.
  • Lebih sukses
    Berdasarkan riset yang diterbitkan di Jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, seseorang yang saat remaja sering tersenyum memiliki penghasilan 10% lebih banyak dibanding teman kerjanya di usia 29 tahun. Sedangkan mereka yang jarang tersenyum saat remaja memiliki penghasilan lebih rendah 30%. Nggak nyangka, ya?
  • Menularkan kebahagiaan
    Tentu kamu pernah mengalami saat kamu ikutan tersenyum gara-gara ada temanmu yang sedang tersenyum bahagia. Nah, senyum juga bisa nih, jadi senjata saat berhadapan dengan seseorang yang terlihat galak. Hadapi saja dengan senyuman, suasana tegang pun dijamin jadi lebih santai.

Untuk bisa mendapatkan beragam manfaat senyum tersebut, jangan asal senyum saja. Dari 17 tipe senyum yang dikenali, hanya senyum ala Duchenne yang memberikan manfaat senyum paling maksimal. Senyum ala Duchenne hanya terjadi saat kamu memberikan senyuman tulus, yakni ketika otot mata ikut tersenyum. Gampangnya, senyum lebar yang menampakkan gigi hingga mata pun ikut berkerut.

 

Comment