Lebih Akrab dengan Keluarga di Bulan Puasa
Wednesday, 22 June 2016
LIFESTYLE
LEBIH AKRAB DENGAN KELUARGA DI BULAN PUASA
1

Biasanya, bulan Ramadan jadi masanya kita mendekatkan diri kepada Tuhan. Tapi sering juga, momen ini dijadikan waktu untuk mendekatkan diri dengan keluarga. Siapa yang sudah nggak sabar untuk melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini bareng keluarga?

Masak Bareng
Masak bareng sambil menunggu waktu buka puasa bisa jadi kegiatan menyenangkan dan bikin kita tambah akrab sama keluarga. Apalagi kalau makanan yang kita masak itu jadi favorit semua orang di keluarga. Setelah masak jangan lupa cuci piring, membersihkan dapur, dan menyiapkan meja makan. Semakin besar keluarga kita, semakin seru karena bisa bagi-bagi tugas.

Oh ya, masak bareng juga bisa kita lakukan untuk mempersiapkan makanan sahur, lho. Jangan lupa pasang weker, ya. Kasihan kan, kalau Ibu jadi masak sendiri karena kita nggak bantu.

Buka Puasa Bersama
Ini momen yang paling sering dijadikan waktu kumpul-kumpul bareng keluarga, bahkan keluarga besar. Kita bisa menikmati makanan yang sudah dimasak bareng keluarga sambil bertukar cerita. Kalau nggak mau repot masak untuk orang banyak, buka puasa di restoran, sekaligus refreshing.

Pengajian Keluarga
Bulan puasa nggak akan lengkap tanpa salat berjamaah dan mengaji bareng keluarga. Kedua ibadah yang mendekatkan kita pada Tuhan akan lebih afdol lagi kalau dilakukan bersama keluarga yang merupakan orang-orang terdekat kita. Mau dilakukan di rumah atau di masjid nggak masalah, yang penting adalah kekhusyukan dan keakraban bersama keluarga. 

Bikin Kegiatan Amal
Nggak lengkap rasanya kalau tidak memanfaatkan momen Ramadan untuk berbuat baik kepada sesama. Ajak ayah, ibu, dan saudara-saudara untuk bikin kegiatan amal bareng. Kita bisa melakukannya di rumah, misalnya dengan mengadakan garage sale barang-barang dan baju-baju tak terpakai yang masih layak di halaman rumah.

Uang hasilnya bisa didonasikan ke orang-orang tidak mampu. Pilihan lainnya adalah uangnya dipakai membelikan sembako atau makanan untuk dibagi-bagikan kepada anak jalanan, panti asuhan, atau panti jompo.

Dekorasi Rumah
Ini sepertinya jadi kegiatan yang paling ditunggu karena artinya Lebaran sudah semakin dekat! Sebelum mulai mendekorasi, kita bisa mendiskusikan dengan keluarga tentang tema untuk Lebaran tahun ini.

Prinsip gotong-royong juga berlaku banget di sini. Pembagian tugas bisa dilakukan berdasarkan minat dan bakat kita masing-masing. Misalnya kalau kita jago mix & match pakaian, kita bisa memadu-padankan warna korden dengan bantal sofa dan karpet. 

Comment