Lawan Malas dengan 5 Tips Ini
Monday, 25 September 2017
LIFESTYLE
LAWAN MALAS DENGAN 5 TIPS INI
0

Ada masanya kita malas banget melakukan segala sesuatu. Rasanya cuma ingin leyeh-leyeh di kamar sambil baca buku, main-main sama kucing, dan hanya bergerak saat harus makan atau ke kamar mandi. Sesekali bermalas-malasan sih, boleh saja, tapi kalau sampai terlalu sering begini, efeknya nggak baik buat diri kita, lho.

Ada dua bentuk rasa malas. Yang pertama adalah rasa malas yang muncul setelah kita kecapekan sekolah atau bekerja dan butuh waktu untuk malas-malasan untuk mengumpulkan energi. Sementara rasa malas yang kedua disebabkan karena kita kurang motivasi atau semangat mengerjakan apa yang harus dikerjakan. Nah, rasa malas yang kedua ini yang berbahaya karena bisa berkelanjutan.

Nah, buat yang ingin mencegah jadi pemalas atau sudah terlanjur jadi pemalas, coba 5 tips ini untuk mengalahkannya.

Menyicil

Sering kali kita ambisius dan membuat daftar ‘things to do’ yang panjang banget. Padahal, daftar panjang itu secara nggak sadar bisa bikin kita takut atau cemas duluan dan akhirnya jadi malas mengerjakannya. Untuk menghindarinya, lebih baik pilih 1-2 hal yang jadi prioritas dan kerjakan satu persatu. Setelah tugas-tugas prioritas ini selesai, baru deh, buat daftar prioritas selanjutnya.

Gerak, yuk!

Mungkin banyak yang nggak percaya kalau olahraga bisa membantu kita menghilangkan rasa malas. Saat berolahraga atau berlatih, kita akan mendapat suplai energi baru dari kalori yang terbakar. Energi ini akan mengubah mood menjadi positif dan membuat kita bersemangat dalam melakukan yang harus kita lakukan.

Rapikan, ah!

Kamar yang acak-acakan atau meja yang berantakan bisa bikin kita jadi malas, lho. Saat melihat kondisi yang nggak rapi itu, kita langsung membayangkan tugas berat untuk membersihkan ruangan dan ini bisa membuat kita jadi merasa kewalahan. Kamar yang rapi akan membuat kita senang dan bersemangat sehingga nggak malas lagi.

Jangan tunda

Senang menunda pekerjaan adalah ciri orang yang malas. Percaya deh, nggak ada waktu yang tepat untuk mengerjakan sesuatu, lebih baik segera kerjakan apa yang harus kita kerjakan. Hindari hal-hal yang sering membuat kita menunda pekerjaan. Bayangkan saja, jika kita bisa cepat selesai mengerjakan tugas, maka kita bisa langsung bersantai tanpa ada rasa diburu-buru lagi seperti saat menunda pekerjaan.

Relaks, doang!

Jangan terlalu keras pada diri sendiri. Sesekali di waktu luang, perbolehkan diri untuk bersantai. Tiru aktris super sibuk, Jennifer Lawrence, yang selalu memberi waktu dirinya untuk bermalas-malasan. Setiap selesai syuting, biasanya ia nonton TV sambil tidur-tiduran di sofa dan nggak bergerak sampai berjam-jam! Tapi begitu waktunya kembali bekerja, Jennifer sudah siap untuk bersikap profesional dan nggak malas-malasan lagi. Yup, kalau kita punya waktu khusus untuk bermalas-malasan, maka rasa malas jadi nggak mudah menyerang.

So, are you ready to beat your laziness? Selamat mempraktikkan lima tips ini, ya!

 

Sumber foto : www.123rf.com

Comment