Jadi Pendengar yang Baik
Monday, 21 December 2015
LIFESTYLE
JADI PENDENGAR YANG BAIK
0

Salah satu langkah awal menjadi sahabat terbaik sedunia adalah menjadi pendengar yang baik. Nggak susah, kok, asal tahu caranya.

Sebagian orang beranggapan mendengarkan itu pasif dan cenderung membosankan. Padahal, mendengar (listen) adalah suatu proses aktif, karena melalui aktivitas ini kamu dapat membina hubungan yang lebih baik dengan orang lain, terutama dengan sahabat yang membutuhkan perhatian. Kamu akan lebih bisa memahami karakter sahabat, bahkan bisa mengetes kadar kejujuran dan ketulusan mereka. Jadi salah banget kalau mendengarkan dianggap nggak ada manfaatnya.

Yuk, buktikan kalau kamu sahabat terbaik! Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menjadi seorang pendengar yang baik:

1. Lakukan kontak mata.
Tunjukkan perhatian kamu dengan melakukan kontak mata sesekali saat ngobrol. Jarang berkontak mata justru menandakan kamu cuek dan sama sekali nggak minat untuk ngobrol sama sahabatmu.

2. Gali informasi.
Bukan bermaksud kepo atau sok ingin tahu, tapi dengan mengajukan pertanyaan biasanya bikin obrolan jadi lebih mengalir dan nggak bikin boring. Hal ini juga menunjukkan minat dan perhatian kamu yang tinggi terhadap topik yang sedang dibicarakan.

3. Fokus kepada pembicaraan.
Untuk bisa mencerna isi obrolan atau curhatan sahabat, kita harus benar-benar mendengarkan apa yang sebenarnya yang ingin mereka sampaikan. Beri gestur atau bahasa tubuh yang tepat untuk menunjukkan simpati pada mereka. Jangan berpikir negatif atau mengecap buruk dulu dengan memotong pembicaraan apalagi buru-buru memberi solusi sebelum mendengarkan seluruh ceritanya. Terkadang sahabat hanya butuh opini dari kita, bukan minta solusi.

 4. Kurangi gangguan.
Saat sahabat sedang serius curhat, jangan rusak mood-nya dengan menyambi main HP atau lainnya. Sebisa mungkin singkirkan dulu hal-hal yang sekiranya dapat mengganggu momen curhat kalian. Kamu bisa lebih fokus mendengarkan ceritanya, dan sahabatmu pun nggak merasa sakit hati karena dinomorduakan.

So, tunjukkan kepedulianmu kepada sahabat tercinta dengan selalu membuka telinga dan hati lebar-lebar untuk mereka.

Comment