Hasil Kreativitas jadi Bisnis
Monday, 19 October 2015
LIFESTYLE
HASIL KREATIVITAS JADI BISNIS
0

Sudah banyak bukti bahwa imajinasi dan kreativitas dapat diwujudkan menjadi produk yang bermanfaat untuk orang banyak dan menguntungkan secara materi untuk penemunya.

Diawali Kreativitas dan Semangat
Sebut saja Facebook-nya Mark Zuckerberg, yang sekarang jadi media sosial yang digunakan jutaan orang di dunia, kesempatan kerja buat ribuan orang yang dibuka oleh Nadiem Makarim dengan GoJek-nya, atau alas kaki buatan tangan yang bisa terkenal sampai ke Eropa buatan Niluh Djelantik. Semua berawal dari kreativitas, semangat membuat suatu yang unik, fungsional, dan bermanfaat.  

Mereka meraih sukses dengan memanfaatkan jaringan internet dan media sosial sebagai ‘toko’-nya. Lihat, deh, sekarang ini hampir setiap orang memanfaatkan internet sebagai alat komunikasi dan informasi dengan berbagai aplikasi media sosial. Makanya media sosial memang menjadi efektif banget untuk menyampaikan informasi, karena pada saat yang sama, jutaan orang juga mencari informasi di sana.

Seperti orang-orang yang sudah lebih dulu sukses dengan mengawali penjualannya di internet, yuk, manfaatkan media sosial sebagai ladang bisnismu. Nggak perlu mikir modal besar dulu, mulai saja dari yang sederhana.

Apa yang Dijual?
Hampir apapun bisa dipromosikan lewat website dan media sosial, baik produk maupun jasa. Mulai saja lakukan apa yang jadi kegemaranmu. Misalnya kamu hobi menggambar komik. Coba aplikasikan gambarmu di atas tote bag, sepatu kanvas, atau cushion. Jadikan gambarmu lebih unik, dengan sentuhan yang lebih personal dengan menerima gambar sesuai pesanan.

Atau kamu sudah membuktikan sendiri manfaat menjalani pola makan yang sehat. Nah, banyak banget orang yang juga ingin menu makannya sehat, tapi nggak tahu apa yang harus dimasak atau nggak punya waktu untuk menyiapkannya. Ini peluang yang baik, coba tawarkan menu sehat buatanmu di media sosial. Terima pesanan dari teman-teman yang berminat. Walaupun kecil, tapi kamu punya unique selling point dari produkmu yang berbeda dari yang lain, yaitu menu makanan sehat.

Tempat Jualan
Semua media sosial, blog, bahkan aplikasi instant messenger bisa kamu manfaatkan sebagai tempat berjualan dan promosi bisnismu. Selalu sertakan foto atau grafis yang menarik di setiap materi promosimu agar mudah dibaca dan diingat.

Namun perlu kamu ketahui, berjualan di media sosial dan aplikasi instant messenger ada aturannya. Tetap jaga sopan-santun dan etika bersosialisasi di dunia maya. Selalu respon dengan baik setiap pertanyaan atau komen yang masuk, jangan terpancing dengan komen-komen negatif, dan selalu berhati-hari dalam transaksi.

Sesekali keluar ke dunia nyata juga asyik, misalnya ikutan bazaar yang di adakan komunitas atau di lingkungan rumah. Produk dan jasa yang kamu buat akan makin eksis dan dikenal berbarengan dengan bertambahnya relasi baru.

Semoga kamu jadi terinspirasi untuk mewujudkan bisnis impianmu ya, girls. Jangan patah semangat kalau awalnya belum berhasil, karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Good luck!

Comment