Get Out Of Touch With Digital Life
Wednesday, 20 December 2017
LIFESTYLE
GET OUT OF TOUCH WITH DIGITAL LIFE
0

Just one click away. Segala yang kita ingin dan butuhkan bisa kita dapetin cukup dengan nyentuh layar smartphone atau klik layar komputer. Mulai dari ngobrol, belanja, booking tiket, ngirim uang, cari infromasi dan masih banyak lagi bisa kita lakuin di dunia digital tanpa ngenal tempat dan waktu.

Kemudahan yang biasa kita terima di dunia digital sedikit banyak ngaruh sama cara pikir dan perilaku kita di dunia nyata. Kebiasaan praktis tinggal klik atau cukup sentuh and bam everything we need is right in front of us, ngebuat kita mikir segalanya bakal berjalan sesusai rencana dan kita jadi nggak siap to face the worst scenario that might be happen. It shapes our mind that everything can work instantly.

Truth to be told, not everything in this world can work as fast as the swipe of our phone. Biar kita nggak makin terbiasa dengan kepraktisan dunia digital. Ada beberapa hal yang bisa kita lakuin untuk bisa bertahan di dunia nyata tanpa efek keinstanan dunia digital. And here they are …

Organize our stuff

Thanks God, there is no app (yet) that capable of organizing our stuff. It looks like a simple stuff. Sure it is. But there is a bunch of fun and good effect by doing this. Selain dari barang-barang kita yang jadi tersusun rapi, kita juga jadi belajar untuk sabar milah-milah barang yang perlu kita keep atau ngedekor ulang tata letaknya.  Coba buat pasang musik ketika kita rapi-rapi buat bikin kegiatan ini jadi lebih seru.

Nah, kalo ngerasa kurang puas dengan nge-organize barang-barang, kita boleh nyoba buat organize kamar kita atau bahkan rumah kita. Kita jadi bisa bikin senang Mama kan?

Have Fun with Analog

Salah satu cara buat ngingetin diri kita sendiri kalo teknologi digital bukan segalanya. Bisa kita coba dengan nostalgia pake barang-barang analog koleksi Papa Mama yang biasa kita mainin waktu kecil. Kayak kamera analog, beberapa waktu ini kamera analog juga lagi banyak menuhin feed Instagram kita lho. Cari tahu barang-barang analog apa aja yang narik ketertarikan kamu dan selamat nemuin keseruan baru yang nggak bisa kita dapetin secara digital.

Get lost in library

Google it! Ini salah satu kebiasaan yang nggak bisa banget kita tinggalin. Nyari cara jawab soal atau teori bahan penelitian dimulai dari search box mesin pencari ini. Ini waktunya buat ninggalin kegampangan google dan mulai lirik cara lama. Coba buat pergi ke perpustakaan, ada ribuan buku yang belum ke-cover dalam daftar hasil pencarian kita. Emang nemuin buku yang pas di perpustakaan nggak akan semudah ngetikin keyword di keyboard. Tapi percaya deh, it’s going to be worth it.

Doing Outdoor Activities

Mau beneran nyoba hidup tanpa dunia digital? Lakuin kegiatan outdoor di tempat yang nggak kejangkau sinyal atau kegiatan yang bikin kita lupa sama hal-hal digital. Dari yang simpel kayak bike cycling atau pergi hiking. Apalagi ketika hiking kita bisa belajar gimana cara bertahan hidup dari hal-hal yang ada di sekitar kita. Ini ampuh banget buat nyadirin kita that nature has more powerful effect for our life.

Selama ngelakuin ini, tahan diri kita buat update di sosial media. Live in the moment they said.

Comment