Etika Gaul Di Dunia Maya
Wednesday, 12 August 2015
LIFESTYLE
ETIKA GAUL DI DUNIA MAYA
0

Eksis di dunia maya nggak ubahnya gaul di dunia nyata, girls. Jaga etika biar imej pribadi kamu bisa sekeren atau secantik foto profil yang kamu pajang.

Tulis yang Jelas
Komunikasi di internet kebanyakan berupa tulisan, baik itu menulis blog, posting status, atau chatting dengan teman. Maka usahakan jangan banyak typo alias salah ketik atau salah ejaan biar user lain mengerti apa maksud tulisan kita. Hindari juga menulis pesan dengan huruf yang dibolak-balik atau diganti angka supaya terlihat gaul, seperti "1<11242x 1<4L0 703L154N 61N1 4D4 y6 B5 B4(4 6@1< 3@@@." Tulisan seperti ini nggak keren dan bikin pusing yang baca.

No CAPSLOCK
Mengetik kalimat dengan huruf kapital semua sangat nggak sopan dan nggak enak dibaca. Kita malahan dikira lagi marah, berteriak, atau membentak. Jadi, pastikan sebelum kamu posting sesuatu, tombol Capslock-nya dimatikan dulu, ya.

Jangan Berbohong
Cobalah menjadi dirimu sendiri secara jujur dengan segala kelebihan dan kekuranganmu. Nggak perlu pencitraan supaya dirimu terlihat lebih baik, lebih cantik, atau lebih keren, dengan pakai foto propic yang sudah diedit habis-habisan misalnya. Tapi hati-hati, jangan mengumbar seluruh informasi pribadimu ke publik karena bisa berisiko diintai oleh stalker dan hacker.

Jangan Menyebar Hoax
Menyebar kabar bohong alias hoax di dunia maya itu bisa fatal akibatnya. Apalagi membuat pernyataan yang salah dan sama sekali tidak benar. Soalnya, informasi yang kita sebarkan itu bisa mengundang persepsi kalau kita adalah penipu. Makanya lebih hati-hati lagi deh, kalau ingin posting apapun yang belum terbukti kebenarannya.

Hindari Posting Emosi
Seemosi apapun, hindari posting hal-hal yang bersifat kontroversial, SARA, bernada mengancam dan tidak sopan, apalagi sampai memulai perdebatan yang memancing emosi user lain jadi kesal atau marah di media sosial. Kalau posting-mu tersebar luas, kamu bisa jadi ‘sasaran empuk’ untuk di-bully oleh netizen lainnya, malah bisa ada yang melaporkan kamu ke polisi menggunakan pasal di UU ITE.

Pilih Waktu yang Tepat
Ibarat etika bertelepon, kamu pun harus tahu diri kapan sebaiknya mengirim pesan lewat email atau chat di instant messaging. Kalau sembarangan mengontak apalagi tanpa basa-basi, kamu bakal terkesan nggak sopan dan melanggar privasi orang.

Sopan Saat Belanja Online
Walau pembeli itu adalah raja, kamu tetap harus sopan saat belanja online. Baca dulu semua keterangan produk yang kamu inginkan dengan baik, kalau masih belum jelas, baru deh tanya-tanya. Selain itu, jangan banyak tanya tapi nggak jadi beli karena alasan nggak jelas, atau yang terburuk, sudah deal mau beli tapi nggak transfer uang pembayarannya. Hati-hati, kamu bisa masuk daftar black list yang saling dibagi antar toko-toko online ini, lho.

Nah, setelah mempelajari semua dos & don’ts ini, kamu bisa lebih bijaksana dan beretika saat gaul di dunia maya. Rasanya pasti jadi lebih nyaman dan menyenangkan, girls.

Comment