DIY: Gelang Persahabatan
Monday, 19 October 2015
LIFESTYLE
DIY: GELANG PERSAHABATAN
2

Sejak muncul di Amerika Serikat pada dekade ‘70-an, gelang persahabatan atau misanga jadi terkenal dunia sebagai tanda persahabatan yang abadi. Gelang ini biasanya terbuat dari benang yang berwarna-warni. Dalam kebudayaan Indian, jika seseorang diberi gelang persahabatan ini, harus memakai sampai benangnya hancur secara alami. Maka nggak heran, motif-motif gelang persahabatan ini banyak diadaptasi dari motif tradisional Indian.

Teknik pembuatannya termasuk dalam kategori kerajinan makrame yang sangat mudah dipraktekkan. Ada banyak cara dan pola untuk mendesain gelang persahabatan yang unik. Bisa dikepang, diikat, atau divariasikan dengan beads. Dan kamu juga bisa membuatnya sendiri sebagai kado unik buat sahabat tercinta, penambah koleksi aksesoris pribadi atau jadi bisnis kecil-kecilan. Yuk, girls mulai buat!

Bahan:

  • Benang sulam atau benang katun beda warna (3 warna).
  • Gunting.
  • Selotip atau peniti.
  • Kancing atau beads sebagai aksesoris tambahan sesuai selera.

Cara membuat:

  1. Potong enam helai benang dengan panjang masing-masing sekitar 90 cm.
  2. Samakan ujungnya, lalu ikat menjadi satu di salah satu ujung sekitar 10 cm dari ujung benang. Jepit atau tempelkan ujung benang dengan peniti atau selotip sebagai penahan.
  3. Pisahkan tiap helai benang, lalu mulai buat simpul atau kepang dari benang satu ke benang lainnya dari kiri ke kanan hingga membentuk satu baris anyaman. Lakukan ini sampai mencapai panjang gelang yang diiinginkan.
  4. Ikat seluruh benang menjadi satu dan rapikan ujung benang dengan gunting.

Untuk cara membuat model lain, kamu bisa lihat beberapa tutorialnya di https://youtu.be/YujvDp5BJ78 atau https://youtu.be/R4kiNmYnznc

Comment