Bikin Diri Semangat Lagi
Wednesday, 13 January 2016
LIFESTYLE
BIKIN DIRI SEMANGAT LAGI
0

Ada kalanya saat gagal, kamu merasa kecewa atau sedih. Namun itu bukanlah satu alasan buat terus-terusan mengalami breakdown. Coba lihat sisi positifnya, di balik kegagalan pasti ada pelajaran yang berharga. Saatnya kamu bangkit dan semangat lagi saat menghadapi momen ‘jatuh-bangun’.

  • No more excuses.
    Hindari sikap memaklumkan diri sendiri atau gampang menyerah. Dengan begitu, kamu bisa alihkan fokus pada tujuan-tujuan yang lebih produktif ketimbang larut dalam kegagalan yang kamu alami. Nggak masalah kalau akhirnya harus kembali ke titik nol untuk mulai dari awal lagi.
     
  • Evaluasi diri.
    Renungkan sejenak tentang apa saja faktor yang bikin kamu gagal. Tuangkan dalam bentuk tulisan di blog pribadi. Dengan mencatat kegiatan secara detil bisa menunjukkan di mana  letak kegagalanmu sehingga kamu tak akan terjatuh lagi dalam lubang yang sama.
     
  • Terima masukan dari orang lain.
    Ingat, kegagalan bukan hanya dialami kamu saja. Curhat ke teman atau keluarga itu boleh banget. Malah bisa jadi membuka pikiran kamu yang sedang stuck di masalah kegagalan. Siapa tahu masukan dari mereka jadi bahan pembelajaran kamu untuk segera bangkit dari kegagalan.
     
  • Tingkatkan potensi diri.
    Seseorang justru semakin berpeluang untuk sukses kalau melakukan persiapan yang matang. So, never stop learning dengan mencoba hal-hal baru yang dapat meningkatkan potensi diri. Lakukan sesuai dengan kemampuan kamu.
     
  • Intip keberhasilan orang lain.
    Dengan melihat kesuksesan orang lain, secara nggak sadar kamu memproyeksikan diri kamu untuk menjadi orang sukses kelak. Jadikan mereka sebagai role model agar terinspirasi menjadi sukses seperti mereka. Buat papan visi yang menggambarkan tujuan yang ingin kamu capai agar tetap bersemangat mengejar kesuksesan.


Jika kamu mampu mengatasi kegagalan dan bangkit dari kegagalan tersebut, maka pintu kesuksesan akan semakin terbuka lebar buat kamu. Ingat kata-kata pepatah, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

Comment