Besarnya Manfaat Memaafkan
Monday, 05 September 2016
LIFESTYLE
BESARNYA MANFAAT MEMAAFKAN
1

Sebagai makhluk sosial, tak terhindari kalau kita terkadang merasa emosi ke orang lain. Rasa kesal, marah, kecewa dan sakit hati terhadap orang lain mungkin kamu alami sehari-hari. Salah satu cara yang bisa kita lakukan buat menyingkirkan rasa marah dan kecewa serta membuat hidup lebih tenang adalah memaafkan.

Yuk, belajar memaafkan kesalahan orang lain supaya hubungan kita dengan orang lain bisa lebih bermakna. Tak hanya itu, ada banyak manfaat lain yang bisa kita dapat dari memaafkan yang nggak hanya bikin tubuh kita sehat tapi kita juga jadi bahagia.

  • Mengurangi stres.
    Penelitian menemukan bahwa menyimpan dendam dapat membuat tekanan darah meningkat yang menyebabkan stres. Jadi, nggak ada gunanya menyimpan amarah dalam hati, lebih baik kita buang jauh-jauh supaya nggak terserang stres yang bisa memicu penyakit.
     
  • Menyehatkan jantung.
    Penelitian menunjukkan ketika kita memaafkan sebuah pengkhianatan, maka akan membuat tekanan darah, denyut jantung, dan kerja jantung menjadi lebih baik, sehingga jantung kita jadi lebih sehat.
     
  • Membuat hubungan bertahan lama.
    Namanya juga pacaran, nggak terhindari kalau kita berkonflik. Nah, kalau kamu dan pacar lebih pemaaf dan tidak pendendam, maka bisa menyelesaikan konflik lebih baik, lho. Soalnya, yang diutamakan adalah kedamaian dalam hubungan daripada mempermasalahkan hal yang sepele.
     
  • Membuat diri lebih bahagia.
    Ketika orang lain menyakiti dan mengecewakan kita, rasa marah dapat membuat kita memusuhi orang itu, kalau perlu jauh-jauh dari dia. Padahal, penelitian menunjukkan bahwa memaafkan kesalahan orang lain dapat membuat diri kita merasa lebih bahagia karena lebih tenang dan nggak punya musuh.

So, dari sekarang, belajar deh, untuk meredam emosi dan memaafkan, apalagi untuk kesalahan-kesalahan kecil. Marah ke orang-orang sekitar yang selama ini sering membantu kita seperti keluarga, pacar, dan sahabat itu bikin kita rugi sendiri. Lagipula, dengan memberikan maaf kamu bisa hidup dengan lebih ceria dan bahagia.

Comment