Belajar Mengatur Keuangan
Friday, 22 April 2016
LIFESTYLE
BELAJAR MENGATUR KEUANGAN
0

Punya uang banyak adalah impian semua orang. Meski begitu, sudah seharusnya kamu lebih cermat dan bijak dalam mengelola arus kas pribadi. Yuk, belajar mengatur keuangan secara mandiri. Caranya:

  • Pantau pengeluaran secara berkala.
    Biasakan diri mencatat segala pengeluaran. Hal ini penting untuk membantu kamu meminalisir pengeluaran yang  nggak perlu dan terhindar dari risiko bokek sebelum akhir bulan. Dengan begitu, kamu pun jadi lebih sadar berapa banyak jumlah uang yang telah dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
     
  • Rajin menabung.
    Sisihkan terlebih dulu dana untuk ditabung sebelum digunakan untuk keperluan lain. Jika memungkinkan, buat rekening bank khusus untuk menabung. Uang tersebut berfungsi sebagai dana cadangan di masa depan dan hanya bisa dipergunakan pada saat darurat atau mendesak.
     
  • Siapkan anggaran tetap.
    Setelah menyisihkan dana untuk ditabung, anggarkan sisa dana untuk memenuhi kebutuhan kamu berdasarkan skala prioritas. Dahulukan kebutuhan wajib dan penting. Dengan melakukan hal ini, tentunya keuangan kamu akan menjadi lebih mudah dikontrol.
     
  • Ubah kebiasaan buruk.
    Mengadaptasi pola hidup konsumtif adalah biang masalah bagi kondisi keuangan kamu. Kamu jadi lebih boros untuk sesuatu yang benar-benar nggak kamu butuhkan. Belajar menahan diri untuk membeli barang-barang secara impulsif dengan bikin daftar kebutuhan dan keinginan sebelum berbelanja.
     
  • Hindari berhutang.
    Jangan pernah jadikan hutang sebagai solusi pendanaan untuk mendapatkan sesuatu dengan mudah. Karena adanya hutang bakal menyusahkan kamu nantinya, terlebih kalau sampai menunggak. Sesuaikan kemampuan bayar dengan kebutuhan yang kamu hadapi.
     
  • Cari pemasukan tambahan.
    Sudah banyak anak muda sekarang yang bisa mencari uang sendiri. Jadi, ayo pikirkan cara bagaimana kamu juga bisa mendapat pemasukan tambahan. Kalau kamu hobi crafting, memasak, atau menjahit, coba jual karyamu secara online. Atau bisa juga kamu menjual jasa, misalnya jadi babysitter, bebersih rumah, atau apapun yang jago kamu lakukan.
     

Nah, kalau cara-cara ini sudah kamu terapkan, kamu bisa terhindar dari kondisi bokek dan malah bisa punya uang ekstra yang bisa digunakan untuk beli barang idaman, traveling, atau traktir makan keluarga. Asyik, kan!

Comment