Balada si Ugly Duckling
Wednesday, 13 January 2016
LIFESTYLE
BALADA SI UGLY DUCKLING
0

Saat penampilan keluarga kandung semuanya terlihat keren dan sempurna, sedangkan kamu merasa cupu atau culun, hmm… rasanya dunia mau runtuh di depan mata. Nggak dipungkiri lagi, situasi seperti ini bikin kita nggak pede dan ‘terjebak’ dalam sindrom “ugly duckling” karena merasa nggak ada apa-apanya dibandingkan mereka.

Eits, jangan keburu minder dulu, Girls! Semua masalah pasti ada jalan keluarnya, kok. Dengan cara yang tepat, kamu juga bisa jadi ‘angsa’ seperti anggota keluargamu yang lain.

Setiap Manusia Punya Keunikan

Mau ada hubungan keluarga atau nggak, semua orang pada dasarnya terlahir unik. Nggak ada yang bisa sama persis satu sama lain, bahkan saudara kembar sekalipun. Jadi, jangan pernah berpikiran kalau bersaudara harus sama secara fisik. Kalau kayak gitu, nggak ada ciri khas yang membedakan kamu dengan saudaramu, dong.

Daripada berkutat dengan masalah perbedaan fisik yang nggak pernah ada habisnya, kenapa nggak cari tahu apa yang menjadi kelebihan kamu dan jadikan itu sebagai nilai lebih kamu dibandingkan dengan saudaramu. Dengan begitu, kamu pasti lebih mudah menerima diri kamu apa adanya.

Misalnya nih, kamu sedih karena tinggimu standar sementara kakak atau adikmu tinggi menjulang dengan kaki panjang bak model. Tapi teman-temanmu bilang kalau kamu punya senyum yang manis dan tulus. Daripada sibuk menyesali soal tinggi badanmu, lebih baik fokus ‘menyebarkan’ senyummu yang menyenangkan itu sebagai nilai plus kamu.

Kalau ada orang yang mengejek atau mem-bully karena hal ini, jangan dianggap serius apalagi dimasukkan ke dalam hati. Alihkan perhatianmu kepada hal lain biar nggak melulu merasa rendah diri dan sakit hati. Misalnya ke hobi atau hal-hal lain yang menjadi minatmu agar kamu merasa lebih bahagia.

Jangan Menutup Diri

Cobalah curhat kepada anggota keluarga atau sahabat yang sudah kenal baik dengan keluargamu. Dengan membuka diri kepada mereka, siapa tau mereka bisa membantumu mengatasi minder yang kamu rasakan dan memberi semangat kepadamu untuk melakukan hal-hal terbaik untuk mengembangkan dirimu.

Ingatlah untuk tetap menjadi diri sendiri dan perluas wawasan biar selalu up-to-date dengan perkembangan jaman. Cari kisah-kisah inspiratif yang mirip dengan pengalamanmu dan contek cara mereka mengatasi masalah tersebut. Kamu akan merasa lebih percaya diri dan nggak sendirian karena ada banyak orang di luar sana yang sepertimu. Jika mereka berhasil mengubah ugly duckling menjadi angsa, kenapa kamu tidak?

Comment