Bahaya Kecanduan Gadget
Monday, 21 December 2015
LIFESTYLE
BAHAYA KECANDUAN GADGET
0

Hidup di era modern yang serba canggih seperti saat ini, rasanya bikin kamu selalu lengket dengan namanya gadget biar nggak kudet dari dunia luar.

Namun ada bahaya yang bakal mengintaimu kalau terlalu ‘akrab’ berinteraksi dengan gadget sampai jadi addict. Menghabiskan terlalu banyak waktu dengan gadget ternyata membuat perubahan perilaku seseorang hingga menjadi ketergantungan sama seperti pecandu narkoba atau alkohol.

Ini dia bahayanya jadi pecandu gadget:

•    Gangguan siklus tidur.
Penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru yang dipancarkan pada layar gadget, dapat menekan pelepasan melatonin dalam tubuh di malam hari. Akibatnya, banyak pecandu gadget yang terkena insomnia akut.

•    Mudah depresi.
Pecandu gadget berpeluang terkena depresi akibat terlalu terobsesi dengan media sosial. Apa yang mereka ingin tampilkan di media sosial idealnya sama persis dengan kehidupan nyata.

•    Rentan cedera.
Penggunaan jari atau tangan pada gadget dalam waktu yang lama, secara bertahap bisa melukai otot, tendon, dan saraf. Cedera ini juga dikenal sebagai texting thumb (Tendinitis).

•    Daya ingat dan konsentrasi menurun.
Saking banyaknya informasi yang diserap, orang yang attached banget dengan gadget justru lebih gampang jadi pelupa dan pikun. Pikirannya nggak bisa fokus akibat keseringan multitasking.

•    Anti-sosial.
Karena sibuk dengan gadget, para pecandu biasanya mengasingkan diri dari kehidupan sosial, tak acuh terhadap orang lain, bahkan nggak bisa mengekspresikan diri lewat kata-kata secara verbal kepada lawan bicara saat berhadapan langsung. Nggak heran, kalau akhirnya teknologi dituding sebagai pemicu renggangnya hubungan sosial di kehidupan nyata.

•    Sindrom Nomophobia.
Ada kemungkinan pecandu gadget terkena sindrom "no-mobile-phone phobia"; penderitanya memiliki perasaan cemas berlebihan kalau berjauhan dengan smartphone.
 
Jangan sampai kamu mengalami ini, ya? Nggak ada salahnya untuk melakukan detoks digital atau unplugged dengan melepaskan diri dari gadget secara berkala biar terhindar dari bahaya kecanduan.

Comment