Apa Sich Passion Itu?
Tuesday, 10 October 2017
LIFESTYLE
APA SICH PASSION ITU?
0

Sering nggak sih ngedenger orang ngomong gini, “punya pekerjaan harus sesuai sama passion kita, jangan jadi beban dan malah kepaksa.” Tapi, pernah nggak sih mikir, passion itu sebenernya apa sih? Apa bener kita bisa sukses dengan ngelakuin pekerjaan yang sesuai passion kita?

Gimana cara kita ngenalin passion kita?

  1. Kenali diri sendiri


    Menurut Psikolog anak dan remaja Agustina, M.Psi, kita sendirilah yang paling mengenal diri kita. Bukan pacar kita, teman, atau bahkan keluarga terdekat kita. Karena mungkin aja ada hal-hal yang kita sembunyiin dari orang lain dan cuma kita sendiri yang tau. Tapi, pada akhirnya kita nggak bakal bisa bohongin diri sendiri. Makanya, buat cari passion, kita harus ngenalin diri kita sendiri.

 

  1. Peka sama sekitar


    Walaupun kita yang paling tau diri kita sendiri, tapi nggak ada salahnya lho buat ngedengerin perkataan orang lain. Pas temen bilang, “eh kayaknya lo bagus banget deh makeup-nya” atau “eh, bantuin gue ngedesain kartu selamat ulangtahun buat pacar gue dong, soalnya gambar lo bagus!” Bisa jadi itu sinyal tentang apa yang sebenernya jadi passion kita.

 

  1. Kenali hobi kita


    Sebenernya, passion itu bisa keliatan dari jenis hobi kita lho girls. Kita seneng main gitar dan bisa berjam-jam ngulik tangga nada buat nyiptain lagu? Passion adalah segala sesuatu yang rela kita lakuin tanpa kenal waktu dan nggak mengenal kata lelah, dan untuk ngjawab apa itu passion kita, kita bisa mulai dari hobi yang paling seneng kita lakuin.

 

 

Gimana caranya ngembangin passion kita?

 

  1. Asah kemampuan kita


    Setelah kita tau apa yang jadi kesukaan alias minat kita, mulailah buat ngasah bakat kita. Walaupun kita udah punya basic dalam ngelakuin passion, tapi percaya deh, nggak ada bakat yang langsung bersinar saat itu juga.

 

  1. Pelajarin hal baru


    Ketika ngasah kemampuan kita, jangan cuma ngelakuin hal yang sama secara berulang-ulang. Tapi coba keluar dari comfort zone dan coba bereksperimen ngelakuin hal-hal yang lebih challenging. Lagian sekarang gampang banget lho kalo kita mau pelajarin sesuatu hal baru. Berhubung teknologi yang namanya internet udah canggih banget, kita bisa tuh ngeliat YouTube atau blog orang lain buat nyobain hal baru.

 

  1. Tanya ahlinya


    Pasti di dalam passion kita udah ada orang lain dulu yang punya passion sama. Dari segi skill pun, mungkin aja orang itu lebih hebat dari kita. Nah, makanya nggak ada salahnya lho buat nanya mereka buat tips-tipsnya. Karena nggak ada kata ‘cukup’ buat terus ngegali passion kita. 

Comment