Quiz: Test Your Fashion Vocabulary
Tuesday, 08 March 2016
FASHION
QUIZ: TEST YOUR FASHION VOCABULARY
1

Ada begitu banyak istilah di dunia fashion. Nah jika kamu merasa kamu cukup mengerti tentang dunia fashion, saatnya ujiwawasankamu. Yuk, tebak apa arti 5 istilah fashion populer berikut.

  1. Pret-a-porter tidak sama dengan Ready to Wear (Benar/Salah).
  2. Peragaan busana Haute Couture digelar sekali saja dalam satu tahun (Benar/Salah).
  3. Cropped top dan Midriff adalah sebutan yang sama untuk atasan dengan panjang ngatung di atas pusar (Benar/Salah).
  4. Glitterati adalah sebutan untuk pecinta outfit dan aksesori ber-glitter (Benar/Salah).
  5. Jangan sampai kamu datang ke sebuah acara dan mengalami “fashion faux pas”atau “salah kostum” (Benar/Salah).
     

Cek jawabanmu di bawah ini, apakah sudah banyak yang benar atau malah banyak yang salah. Kalau banyak yang benar, berarti kamu cukup paham tentang dunia fashion. Sementara kalau salah, berarti kamu harus banyak belajar jika ingin lebih tahu tentang fashion.

Jawaban :

  1. Salah.
    Kebanyakan pakaian yang kamu lihat di butik atau toko adalah koleksi yang biasa disebut ready to wear dalam bahasa Inggris, pret-a-porter dalam bahasa Prancis, atau busana siap pakai. Biasanya koleksi ini dibuat dalam ukuran standar (misalnya S, M, L, dan XL) dan tersedia dalam jumlah banyak.
  1. Salah.
    Secara sederhana, haute couture diterjemahkan per kata dalam bahasa Inggris sebagai high dress-making. Kata ini dipakai untuk menjelaskan lini pakaian yang dirancang khusus oleh desainer, dan biasanya dibuat eksklusif dalam jumlah sangat terbatas. Tak semua desainer berhak merilis lini haute couture. Di Paris, Chambre Syndicale de la Haute Couture yang menentukan desainer mana yang berhak melakukan couture show.
    Beberapa peraturan yang harus diikuti untuk bisa bergabung dengan para couturier adalah:
    a. Harus memiliki atelier atau workshop di Paris yang mempekerjakan 15 orang lokal secara full time.
    b. Dalam satu tahun, desainer harus membuat dua show untuk media di Paris. Koleksi mereka harus berjumlah kurang lebih 35 items untuk day time wear atau evening wear.
  1. Benar.
    Keduanya adalah istilah yang sama. Midriff adalah istilah yang muncul padadekade ’90-an, sedangkan cropped top adalah istilah yang populerakhir-akhirini.
  1. Salah.
    Istilah“glitterati” ditujukan untuk mereka yang kerap hadir di peragaan busana, red carpet, dan halaman majalah gaya hidup atau fashion. Istilah ini merujuk kepada para fashionista yang selalu duduk di baris terdepan peragaan busana, para fashion atau style blogger, selebriti, sosialita, hingga fashion editor.
  1. Benar.
    Kata "faux pas" dalam bahasa Prancis artinya pelanggaran yang melawan norma-norma sosial yang ada, misalnya mulai dari kebiasaan, aturan atau etiket yang ada. "Fashion faux pas" artinya keadaan ketika seseorang ada dalam situasi “salah kostum” atau penampilannya tidak sesuai dengan dress code atau tren yang ada saat ini.

Comment