Pakaian Tradisional Dunia
Friday, 18 March 2016
FASHION
PAKAIAN TRADISIONAL DUNIA
0

Identitas suatu bangsa bisa ditunjukkan oleh pakaian tradisionalnya. Nggak heran, meski jaman sudah semakin modern, setiap bangsa tetap mempertahankan busana tradisional mereka dan bahkan mengembangkannya melalui dunia pariwisata supaya makin dikenal. Sekarang, uji pengetahuanmu tentang pakaian tradisional dari berbagai negara dengan menjawab kuis berikut, yuk!

 

  1. Bentuk bajunya unik dan mirip mantel. Terusan semata kaki asal Jepang ini berlengan panjang dengan model kerah bertumpuk. Tampilannya disempurnakan dengan lilitan sabuk kain di pinggang yang disebut dengan Obi dan sepasang alas kaki bernama geta. Apa sebutanku?
    A. Hanbok
    B. Kimono
    C. Cheongsam

 

  1. Sebenarnya ini merupakan seragam pelayan di Austria dengan ciri memiliki korset yang  dipadukan dengan rok dan celemek. Sekarang, pakaian trsdisional ini biasa dikenakan saat menghadiri festival-festival tradisional di Jerman. Apa sebutanku?
    A. Dirndl
    B. Lederhosen
    C. Gamsbart

 

  1. Busana tradisional ini berasal dari Persia. Modelnya lebar, longgar dan panjang mirip jubah dengan bahan yang ringan seperti katun atau sutra. Di Indonesia, ini biasa digunakan oleh para wanita saat merayakan lebaran. Apa sebutanku?
    A. Niqab
    B. Kaftan
    C. Jilbab

 

  1. Cantik sekali, bila wanita Indonesia mengenakannya pada acara wisuda, perkawinan atau acara resmi lainnya. Jenisnya banyak dan asalnya pun beragam. Pakaian ini sering diperanggun dengan bordir dan hiasan payet, juga dipadupadankan dengan bawahan kain atau songket. Apa sebutanku?A. Kain Sari
    B. Sampot
    C. Kebaya

 

  1. Dikenakan di bagian pinggang mengelilingi tubuh pemakainya dengan panjang di atas lutut. Meski berbentuk rok, tapi yang memakainya laki-laki, lho. Dan ini menjadi simbol kebanggaan para pria di Skotlandia. Umumnya terbuat dari benang wol dengan motif kotak-kotak. Apa sebutanku?
    A. Klit
    B. Klederdracht
    C. Bunad

 

Jawaban: 1. B, 2. A, 3. B, 4. C , 5. A

Comment