Kartini in Fashion Industry
Saturday, 28 April 2018
FASHION
KARTINI IN FASHION INDUSTRY
1

Kecintaan Kartini sama dunia seni dan fesyen udah banyak menginspirasi perempuan-perempuan muda zaman sekarang. Dalam dunia fesyen, Kartini tentu aja suka sekali mengoleksi batik, kegemarannya mengoleksi batik bahkan sampai menjadi inspirasi sebuah international fashion show tahunan khusus batik. Makanya banyak banget desainer-desainer perempuan yang terus melenggang hingga ke luar negeri memamerkan karyanya. Berikut ini adalah beberapa Kartini-Kartini dalam dunia fesyen yang berhasil mengangkat nama Indonesia hingga ke mancanegara.

  1. Ardistia Dwiasri

    Setelah lulus dari Parsons The New School for Design, New York, Ardistia mulai mengeluarkan brand fashion dengan namanya yaitu Ardistia New York. Dia membuka bisnis pakaian ready to wear dengan label Ardistia New York di Amerika mulai tahun 2007. Setelah itu dia mulai memasarkan pakaiannya ke beberapa butik lain di Amerika, Kanada, Eropa, Timur Tengah, dan mulai ekspansi ke Asia. Desainer kelahiran Indonesia ini juga udah sering muncul di majalah-majalah fashion ternama kayak VogueBazaarCosmopolitan, sampe New York Times.
  2. Rinda Salmun

    Setelah terpilih menjadi 10 finalis di ajang bergengsi dari Ringstrassen Gallerien Designer Award di Wina, Austria, Rinda menampilkan koleksinya yang terinspirasi dari wayang berjudul Neo Nirvana. Sejak awal dia emang udah ingin untuk go international, makanya Rinda bergabung dengan sebuah agensi humas dan mulai diundang untuk berpartisipasi menampilkan koleksinya bertema Neurosis  di London Fashion Week 2010 dalam show Fashion Maverick. Bahkan beberapa koleksinya pernah dipakai penyanyi seorang kontestan The X Factor UK.
  3. Ghea S. Panggabean

    Desainer yang satu ini meskipun punya darah blasteran Belanda, tapi dia sangat mencintai budaya Indonesia. Alhasil koleksi-koleksinya selalu punya ciri khas tersendiri yaitu sentuhan etnik Indonesia. Tujuan Ghea emang untuk mengenalkan etnik-etnik Indonesia ke luar negeri. Koleksi-koleksi pakaiannya pun mendapat banyak tanggapan positif nggak hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri. Saat itu dia mengemas kain tradisional menjadi beragam busana yang modern di Milan Fashion Show. Ghea bahkan sempet meraih ajang penghargaan 10th Best of ASEAN Designer Awards di Singapura.
  4. Nancy Go

    Nancy Go ini adalah perancang tas ternama dengan merk tasnya yang terkenal yaitu Bagteria pada tahun 2000. Tas Bagteria rancangannya ini udah pernah tampil di New York Fashion Week, sampe-sampe Paris Hilton pun rela membeli tas display karya Nancy Go di peragaan fesyen itu. Selebriti kelas dunia kayak Emma Thompson, Anggun, dan Putri Kerajaan Inggris, Zara Tindall, pun juga pernah terlihat menenteng tas Bagteria ini. So, udah nggak bisa disangkal lagi kalo desain Nancy Go untuk Bagteria ini emang menarik hati pasar internasional.
  5. Ria Miranda

    Desainer muda satu ini adalah perancang busana muslim yang udah wara-wiri ke luar negeri untuk memamerkan rancangannya. Ciri khas rancangan busana muslim Ria adalah warna-warna pastel yang emang cukup nge-trend di kalangan anak muda. Ria pernah memamerkan rancangannya di fashion show Fashion KODE Fall/Winter 2017 yang diadain oleh Korea Creative Content Agency (KOCCA). Ria juga merupakan desainer busana muslim pertama yang dibawa oleh Indonesia Fashion Forward untuk Fashion KODE tersebut lho!

Sebagai cewek modern, kita juga jangan mau kalah meraih mimpi kayak mereka dong. Salah satu caranya adalah dengan ikutan #RaihMimpi dalam program Marina Beauty Journey 2018. Makanya jangan sampe kita ketinggalan info untuk siap-siap ikutan Marina Beauty Journey 2018 ya!

Comment