Hello, Mary Jane!
Tuesday, 08 March 2016
FASHION
HELLO, MARY JANE!
0

Mudah sekali mengenali sepatu model Mary Jane. Dua ciri yang mencolok adalah terbuka di bagian atas serta memiliki bar atau strap, yaitu tali berkancing yang melintang di atasnya. Asal namanya berasal dari sepatu yang dikenakan oleh karakter bernama Mary Jane dalam komik Buster Brown yang tayang di Harian New York Herald pada tahun 1902.

Sejak akhir tahun lalu, sepatu Mary Jane naik daun lagi, nih. Beberapa perancang yang kepincut dengan sepatu model Mary Jane di antaranya Prada, Louis Vuitton, Dolce & Gabbana, serta Tommy Hilfiger.

Kalau dulu model sepatu ini memiliki hak yang datar, ujung yang bulat, serta terbuat dari kulit, maka perancang-perancang masa kini lebih kreatif. Ada yang menambahkan hak super tinggi, membuat bentuk ujungnya lancip, serta menambahkan lebih dari satu strap. Selain itu sepatu Mary Jane masa kini terbuat dari berbagai macam bahan.

Tertarik pakai sepatu Mary Jane? Sebelumnya, perhatikan dulu beberapa rules-nya:

  • Kenali dulu bentuk kakimu, karena ada beberapa bentuk sepatu Mary Jane yang bisa membuat kaki, terutama bagian mata kaki, terlihat lebih besar. Efek melangsingkan bisa kamu dapatkan dengan memilih sepatu dengan strap yang tipis, letaknya tidak terlalu mendekati mata kaki, serta memiliki bentuk ujung yang lancip.
  • Karena bentuknya yang feminin, sepatu ini cocok dipakai bersama dress atau rok yang pendek. Hindari memakainya dengan dress atau rok yang panjang hemnya di bawah mata kaki karena akan menutup strap. Begitu juga saat kamu memakainya dengan celana atau kulot. Sebaiknya pilih celana atau kulot yang panjang hemnya di atas mata kaki.
  • Warna hitam adalah pilihan yang aman. Tapi supaya nggak bosan, warna nude, khaki, biru indigo, dan putih, bisa jadi pilihan. Sekarang juga banyak Mary Jane yang bermotif seru, seperti plaids, bunga, dan animal print. Kenakan bersama outfit yang polos, ya!

Untuk tampilan sporty, kenakan sepatu Mary Jane bersama kaus kaki. Kaus kaki putih panjang yang dikenakan bersama rok ala seragam pemandu sorak akan memberikan tampilan preppy yang segar. Mary Jane juga cocok dipakai bareng stocking. Pilih yang polos transparan untuk bergaya retro minimalis, atau stoking bermotif untuk gaya edgy.

Comment