Fashion Designers to Inspire You
Tuesday, 08 March 2016
FASHION
FASHION DESIGNERS TO INSPIRE YOU
0

Dunia mode selalu berbicara tentang keunikan dan kreativitas seseorang. Apakah nantinya kamu ingin menjadi seorang fashion designer? Baca deh, kisah sukses beberapa perancang terkenal berikut yang bakal menginspirasi kamu.

Coco Chanel
Rasanya selalu penuh gaya dan begitu high class bila logo brand Chanel melekat pada tas, sepatu, atau outfit. Ketenarannya jelas tak lepas dari sosok legendaris yang tak lain adalah perancangnya, yaitu Gabrielle Bonheur Chanel atau lebih dikenal dengan nama Coco Chanel.
Perempuan asal Prancis ini berhasil membuat gebrakan dengan mengubah cara berbusana para perempuan pada awal abad ke-19. Pada masa itu, perempuan cenderung berbusana konservatif dengan korset yang sangat tidak nyaman dikenakan. Terinspirasi dari outfit laki-laki, ia membuat outfit yang lebih nyaman bagi perempuan yang tailor-made.
Karya-karya ikoniknya adalah Little Black Dress (LBD), yang disebut sebagai gaun simpel yang sempurna dan seksi, Chanel classic jacket, dan business suit bagi perempuan. Perempuan yang termasuk dalam “the 25 most powerful women of the past century” versi Majalah Time ini juga berinovasi dengan membuat jewelry line dan meluncurkan parfum legendaris Chanel No.5.

Alexander McQueen
Sangat edgy, ekstrim, berani, dan dramatis, begitulah beberapa kata yang digunakan untuk menggambarkan fashion designer asal Inggris ini. Beberapa karyanya memang sangat ekstrim namun inovatif sehingga membuat para pecinta fashion terkagum-kagum, misalnya bumster pants (celana dengan pinggang super rendah), motif tengkorak, dan sepatu armadillo heels.
Hal lain yang menonjol dari McQueen adalah fashion show-nya yang selalu seperti pentas teater karena penuh dengan hal-hal yang dramatis. Setiap show-nya selalu bertema dan terinspirasi dari hal-hal yang penuh kontroversi. Nggak heran kalau para undangan di fashion show-nya seperti menonton sebuah pertunjukan yang menarik.
Walau meninggal pada usia muda, namun Alexander McQueen tetap menjadi inspirasi bagi para fashion designer pemula, terutama tentang prinsipnya bahwa tak ada batasan dalam berkarya.

Anne Avantie
Nama perempuan asal Semarang ini akan selamanya dikenal sebagai salah satu pelopor desain kebaya kontemporer Indonesia. Ia berhasil mengubah image kebaya yang sebelumnya dianggap konservatif dan hanya dikenakan oleh orang-orang tua menjadi outfit yang modern dan dengan bangga dikenakan oleh perempuan-perempuan muda Indonesia.
Walaupun mengaku gaptek, namun kebaya-kebaya buatan Anne Avantie terlihat sangat modern dan glamor. Ciri khasnya adalah desain garis leher yang unik dan penggunaan payet yang memberi kesan mewah. Ia juga tak segan menampilkan kesan seksi dengan memberi detail cut out di beberapa bagian kebaya, misalnya di bagian punggung, bahu, atau pundak.
Kebaya-kebaya karya Anne Avantie banyak dikenakan oleh para Putri Indonesia saat berlaga di Miss Universe, Miss World, atau beauty pageant lainnya. Dan saat para Miss Universe datang ke Indonesia, ia pun sering diberi kepercayaan untuk membuatkan kebaya bagi mereka.

Hana Tajima
Fashion designer dan fashion blogger ini terkenal sebagai salah satu yang mempopulerkan outfit untuk perempuan berhijab di Inggris, lalu meluas ke Eropa. Awalnya, karya-karyanya terlihat di fashion label-nya, Mayssa, nmun tahun lalu brand UNIQLO mengajaknya untuk berkolaborasi membuat outfit yang sopan dan tertutup, ditujukan terutama untuk yang berhijab.
Awalnya, perempuan campuran Jepang-Inggris ini kesulitan menemukan gaya yang pas saat ia menjadi muslim pada usia 17 tahun, sampai akhirnya Hana memutuskan untuk merancang sendiri gaya yang sesuai dengan karakternya. Ia ingin lepas dari pemikiran bahwa perempuan Muslim harus memakai abaya. Karena itulah karya-karyanya terlihat sangat modern. Outfit rancangannya tak hanya ditujukan untuk perempuan berhijab, tapi juga perempuan biasa yang suka tampil tertutup.

Bagaimana, Girls, apa kisah hidup para fashion designer ini telah menginspirasi kamu untuk berinovasi membuat sesuatu yang berbeda? Cerita ke kami, ya…

Comment