Fashion Designer Indonesia yang Mendunia
Thursday, 27 October 2016
FASHION
FASHION DESIGNER INDONESIA YANG MENDUNIA
0

Mengharumkan nama bangsa di dunia internasional bisa dilakukan dengan berbagai cara. Para desainer fashion yang muda dan berbakat asal Indonesia berikut ini telah melakukannya melalui karya-karyanya. Siapa sajakah mereka?

Peggy Hartanto
Berbekal ilmu dan pengalaman kerja di Australia, cewek kelahiran Surabaya ini akhirnya memutuskan membuat label desain busana di negeri asal dengan namanya sendiri sejak tahun 2011. Karya Peggy dikenal dengan ciri khas rancang yang minimalis, modern, namun tetap feminin. Nggak heran, karyanya banyak diminati para seleb Indonesia hingga mancanegara, seperti Andien, Giuliana Rancic, Bella Thorne, AJ Michalka, Lucy Hale, dan Janel Parrish.

Busana rancangannya berulang kali ditampilkan dalam pameran-pameran fesyen dunia seperti di Australia, Inggris, Amerika, dan Perancis membuat namanya melambung dan diperhitungkan. Namanya Peggy pun masuk ke dalam daftar ‘Forbes 30 Under 30 Asia: The Arts’, sebuah daftar orang-orang Asia berumur di bawah 30 tahun yang berpengaruh dalam bidang seni.

Rafi Ridwan
Desainer cilik yang bernama lengkap Rafi Abdurrahman Ridwan ini menjadi salah satu desainer termuda di dunia. Meski terlahir tuna rungu, Rafi berhasil memamerkan koleksi perdana bertajuk “Echoes of Heritage” di sebuah ajang fashion bergengsi pada saat ia baru berumur 9 tahun.

Namanya makin dikenal luas hingga ke mancanegara sejak Tyra Banks memercayakan Rafi untuk merancang busana para kontestan America's Next Top Model cycle 20 tahun 2013 lalu. Sejak itu, dia mendadak menjadi orang paling dicari, baik di Amerika, Australia, dan Indonesia.

Kini di usia 13 tahun, Rafi mendesain baju untuk Michelle Obama dengan kain tenun asli Indonesia. MURI memberi penghargaan pada Rafi yaitu Fashion Desainer Tuna Rungu Termuda dan Berprestasi Internasional di MURI ke-26 dan nominator Anugerah Seputar Indonesia 2014 dalam kategori Tokoh Muda Mendunia.

Restu Anggraini
Sebelum namanya dikenal sebagai salah satu perancang busana muslim ternama, Restu telah merambah bisnis fashion online saat ia masih duduk bangku kuliah. Berkat kegemarannya mendesain baju, Restu mulai serius menapaki bisnis fashion dengan mengeluarkan dua label, yaitu RA by Restu Anggraini dan ETU. Konsep desain RA by Restu Anggraini dibuat smart casual sehingga cocok untuk bekerja dan sehari-hari. Sedangkan, ETU dibuat untuk pakaian yang lebih formal dan minimalis.

Cewek kelahiran 18 Maret 1987 ini pernah memamerkan koleksi karyanya di Mercedez-Benz Fashion Week Tokyo 2015. Lulusan sekolah mode ESMOD Jakarta ini membawakan koleksi berupa anyaman bernuansa cokelat, nude, dan putih yang menjadi ciri khas salah satu labelnya, ETU.

Comment