Cantik dengan Batik Kasual
Wednesday, 22 February 2017
FASHION
CANTIK DENGAN BATIK KASUAL
1

Kain batik memang fenomenal. Kain asli Indonesia ini sudah resmi diakui sebagai warisan budaya dunia. Apalagi, tanggal 2 Oktober juga sudah resmi jadi Hari Batik Nasional. Setiap tanggal itu, kita semua ramai-ramai ber-batik ria. Termasuk kamu juga, kan?

Padu Padan Kasual
Bila dulu batik identik dipakai ke acara-acara formal, sekarang nggak lagi. Saat ini sudah banyak batik-batik bermodel kasual yang feminin dan girly, sehingga bisadipakai ke acara-acara non formal yang santai. Berikut beberapa tips cara padu padannya.

Pilih Warna Cerah
Warna-warna gelap seperti cokelat tua, biru tua, dan hijau tua, akan langsung mengesankan penampilan yang ‘serius’ yang justru bakal bikin kamu terlihat lebih tua. Begitu juga dengan warna metalik seperti emas. So, pilih batik-batik berwarna cerah seperti fuchsia, hijau toska, merah, dan kuning, atau warna-warna lembut seperti pink pastel, ungu lavender, dusty grey, dan krem.

Motif Harus Sederhana
Memang sih, batik Indonesia punya banyak sekali motif-motif etnik yang eksotis. Tapi, penampilan kasualmu akan langsung ‘rusak’ bila batik yang kamu pakai memiliki corak yang terlalu ramai atau terlalu rumit. Sebaiknya, pilih batik-batik dengan motif yang sederhana, minimalis, atau modern, seperti motif garis atau geometris. Semakin kecil ukuran motif batikmu, maka kamu akan semakin terlihat lebih ramping, lho!

Utamakan Atasan Polos
Kenakan batik kasual bersama atasan polos seperti putih atau warna-warna yang senada dengan warna batikmu. Memakai batik bersama atasan yang terlalu banyak detail akan membuat penampilanmu tampak terlalu ‘ramai’. Atasan berwarna polos juga akan membuat motif di kain, celana, atau rok batik yang kamu kenakan terlihat lebih ‘menonjol’.

Pakai Bersama Jeans
Bawahan celana berbahan denim cocok dipasangkan dengan atasan apa saja, termasuk atasan batik. Pilih juga atasan yang berlengan pendek supaya keseluruhan penampilan makin terlihat kasual. Lebih baik lagi kalau atasan yang kamu pakai memiliki potongan atau desain yang sederhana, seperti model kaus berleher bulat atau atasan bermodel boxy.

Aksesoris Minimalis
Motif kain batik sudah ‘ramai’, jadi hindari menambahkan perhiasan yang terlalu berlebihan. Pilih satu atau dua jenis perhiasan saja untuk dikenakan secara bersamaan, misalnya gelang dan anting. Lengkapi dengan tas atau sepatu yang juga bernuansa kasual, seperti sepatu sandal beralas tebal atau sepatu sneakers putih yang trendi.

Comment