‘90s Spirit: Gaya Grunge
Monday, 21 March 2016
FASHION
‘90S SPIRIT: GAYA GRUNGE
0

Gaya grunge bermula di Seattle, AS, di sekitar tahun 1990-an. Waktu itu, band-band beraliran alternative rock seperti Nirvana dan Pearl Jam nge-hits banget. Gaya berpakaian anggota-anggota band yang cuek dan cenderung messy itu langsung diikuti oleh para fans, dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

Sekarang gaya grunge balik lagi, nih. Lihat saja berbagai street style seleb muda Hollywood, seperti Behati Prinsloo, Rachel McAdams, dan kakak beradik Hadid. They look so cool, right?

Mau bergaya grunge? Ini, nih, beberapa rules-nya:

  • Konsep grunge adalah nggak mengikuti aturan. Prinsip utama dari look ini adalah gaya yang nggak terlalu polished. Jangan terlalu matching dan harus terlihat ‘sedikit’ berantakan. So, jangan ragu memakai celana yang robek-robek atau baju yang agak kebesaran, ya.
  • Grunge juga merupakan gaya yang anti kemapanan. Jadi, baju-baju yang kamu pakai, nggak perlu bermerek, apalagi berharga mahal. Idealnya, kamu pakai baju lungsuran kakak atau mama dan papa. Atau, hasil berburu di pasar dan toko-toko barang bekas.
  • Baju-baju wajibnya adalah kemeja flanel (dipakai bareng celana  jeans atau diikat di bagian pinggang), celana jeans washed denim dengan sobekan, kaus band, atasan pendek yang memperlihatkan bagian perut (crop top), babydoll/dress motif bunga (terutama bunga matahari atau daisy), jaket biker dan rok mini flanel.
  • Hindari memakai baju-baju yang berwarna cerah. Biar terkesan rebel, pakai warna gelap, seperti hitam, abu-abu atau biru dongker. Tapi, ada satu pengecualian, yaitu warna merah. Merah juga termasuk warna khas grunge look, terutama dalam bentuk dress atau kemeja flanel.
  • Biar makin kelihatan cool, padukan dengan sepatu Dr. Marten’s, sepatu boots atau sandal platform. Aksesori tambahan lain termasuk kacamata hitam, kalung choker, stoking hitam atau stoking jala-jala.
  • Tampilan rambut nggak usah terlalu rapi. Cukup digerai atau diikat seadanya. Makeup juga jangan terlalu menor atau glossy. Pakai makeup natural dengan lipstik matte berwarna gelap (merah marun, merah, magenta, cokelat tua) dan eyeliner tebal.

Comment